Ini 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Ini 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin AC Mobil Cepat Rusak

Porospro.com - Penyejuk ruangan atau AC (Air Conditioner) merupakan salah satu syarat wajib kenyamanan mobil yang dipasarkan di Indonesia. Perjalanan tentu akan kurang nyaman ketika AC mobil tak lagi bekerja secara maksimal.

Berkurangnya kinerja AC terkadang tak lepas dari cara penggunaannya oleh pemilik mobil. Disampaikan oleh Auto2000, setidaknya ada beberapa kebiasaan penghuni mobil yang dapat mempercepat kerusakkan AC mobil.

1. Sering merokok di dalam mobil

Rokok dibakar menyisakan debu-debu halus dan berpotensi masuk ke dalam filter. Semakin sering merokok di dalam mobil saat AC menyala maka makin besar pula peluang filter AC dimasuki abu rokok. Abu rokok akan menyebabkan filter kotor sehingga mengurangi kemampuan pendiingan di dalam kabin.

2. Buka Jendela Saat AC Menyala

Baik itu di rumah atau di mobil, AC dianjurkan digunakan di ruangan yang tertutup. Jika ruangan terbuka maka fungsi AC menjadi tidak maksimal. Dampaknya pada kinerja AC adalah kompresor akan bekerja lebih berat yang pada akhirnya menyebabkan AC cepat rusak.

3. Salah Menggunakan Pewangi

AC yang dingin ditambah wangi favorit memang adalah kombinasi kenyamanan kabin. Tapi apakah pewangi anda cocok dipadukan dengan AC? Ada beberapa jenis bahan pewangi kabin mobil di pasaran. Idealnya pewangi dalam mobil adalah yang berbahan cair. JIka menggunakan pewangi gel, gel tersebut bisa berubah menjadi gas dan menguap. Ketika terkena dingin, uap tersebut bisa kembali lagi ke dalam bentuk gel dan berisiko menghambat filter serta evaporator dalam AC.

4. Mematikan Mesin Mobil Saat AC menyala

Sebaiknya matikan AC dulu sebelum mematikan mesin mobil. Sebab ketika mobil nantinya dinyalakan lagi AC akan otomatis bekerja yang mana akan membuat aki bekerja lebih berat. Arus listrik yang tidak stabil dan tidak maksimal ini akan berdampak pada masalah kelistrikan AC.

5. Tidak Menjaga Kebersihan

Kebersihan kabin selain untuk kenyamanan para penumpang juga berpengaruh pada umur AC lho. Jangan biasakan meningkalkan sampah, kotoran atau sisa makanan di kabin. Sampah-sampah itu berpotensi memicu debu atau memang membawa debu yang bisa masuk ke filter AC.

 

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar