Ingin Kesehatan Vagina Terjaga, Berikut Daftar Makanan yang Mesti Dikonsumsi

Ingin Kesehatan Vagina Terjaga, Berikut Daftar Makanan yang Mesti Dikonsumsi

Porospro.com - Selain menjaga kebersihannya, mengonsumsi makanan tertentu juga memiliki dampak baik bagi kesehatan vagina, lho. Lantas, apa saja makanan tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak artikel berikut ini.

Vagina merupakan bagian dari organ reproduksi wanita yang memiliki fungsi sangat penting. Jika tidak dirawat dengan baik, vagina akan berisiko mengalami gangguan yang bisa memengaruhi tingkat kesuburan, aktivitas seksual, hingga kondisi kesehatanmu secara keseluruhan.

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Vagina

Kamu mungkin tidak menyangka, ada banyak, lho, jenis makanan yang dapat menyehatkan vagina. Makanan-makanan tersebut antara lain:

1. Ubi

Ubi kaya akan beta karoten dan vitamin A. Nutrisi ini diketahui dapat membantu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina, meningkatkan kesuburan, serta membantu memproduksi hormon seks. Selain itu, ubi juga menjadi makanan yang direkomendasikan bagi para wanita dengan PCOS.

2. Apel

Buah apel mengandung phloridzin, yaitu salah satu senyawa kimia tumbuhan yang bekerja seperti hormon estrogen, sehingga dapat melancarkan aliran darah pada vagina dan menjaga kesehatan vagina. Selain itu, senyawa ini juga diduga dapat meningkatkan libido dan menunjang fungsi reproduksi wanita.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B6, serta kalium. Ketiga nutrisi ini diketahui dapat memperkuat otot dinding vagina, mengatasi vagina kering, dan meningkatkan libido. Tidak hanya itu, buah yang nikmat disajikan sebagai jus ini juga diketahui dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung, lho.

4. Kedelai

Kedelai serta produk olahannya, seperti tempe dan tahu, diyakini sangat bermanfaat bagi kesehatan vagina. Kandungan fitoestrogen pada kedelai dapat mengatasi penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh wanita yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau berada di fase menopause.

5. Sayuran hijau

Bayam, kale, dan sawi, merupakan sayuran hijau dengan nutrisi tinggi yang dapat melancarkan sirkulasi darah di vagina dan mencegah vagina kering. Selain itu, vitamin E, magnesium, dan kalsium pada sayuran hijau ini juga bermanfaat untuk kesehatan otot vagina.

6. Makanan probiotik atau prebiotik

Sama seperti usus, vagina juga memiliki bakteri baik yang berfungsi untuk mempertahankan kadar keasaman (pH) vagina dan mencegah infeksi. Nah, kamu bisa lho mengonsumsi makanan probiotik, seperti kimchi, yogurt, teh kombucha, agar jumlah bakteri baik pada vagina tetap terjaga.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan kesehatan vaginamu. Selain konsumsi makanan di atas, pastikan juga kamu selalu mengaja kesehatan vagina, mulai dari memerhatikan kebersihannya, menggunakan celana dalam dengan bahan yang menyerap keringat dan ukuran yang nyaman, hingga melakukan hubungan seks yang sehat.

Jika kamu mengalami keputihan dengan warna yang berbeda dari biasanya, berbau, dan gatal, perdarahan yang tidak wajar, atau nyeri saat berhubungan seksual, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter, ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

sumber: alodokter.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar