Cegah Kerumunan

Layanan Kesehatan di Inhil Bakal Sistem Antrean Online

Layanan Kesehatan di Inhil Bakal Sistem Antrean Online
Para calon pasien sedang antre berobat di RSUD Puri Husada Tembilahan. Gambar diambil sebelum Pandemi Covid-19. Foto: Net

Porospro.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau segera memberlakukan sistem antrean online dalam pelayanan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Inhil, Trio Beni Putra dilansir dari Nusaperdana.com, kemarin.

Dia menjelaskan, rencana tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19 yang diakibatkan oleh kerumunan calon pasien di area publik layanan kesehatan. Kini, pihaknya tengah merancang sistem tersebut agar dapat segera dioperasikan.

"Satu bulan lagi sistem antrean online bagi calon pasien yang akan berobat, baik di rumah sakit dan puskesmas ini akan dapat diterapkan," jelasnya.

Munculnya ide perancangan sistem antrean online ini dikarenakan salah satunya dilatarbelakangi oleh kekhawatiran akan terjadinya penumpukan calon pasien yang akan melakukan check up ataupun berobat. Dengan menggunakan sistem antrean online, calon pasien tidak akan menunggu lama giliran untuk berobat.

Dalam sistem itu, lanjutnya, calon pasien dapat melihat dan mengetahui langsung kapan waktunya mereka harus datang ke rumah sakit atau puskesmas.

"Calon pasien daftar dulu. Nanti akan muncul urutan tunggu mereka dan jam berapa mereka harus berada di rumah sakit atau puskesmas. Jadi, tidak usah ngantre lama-lama dan itu tidak efisien waktu," terangnya.

Rencana penerapan sistem antrean online ini telah dikoordinasikan dengan pihak rumah sakit dan puskesmas serta instansi terkait. Jika berhasil, tidak hanya dapat memudahkan masyarakat untuk berobat, namun juga dapat mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan Covid-19, yakni physical distancing atau jaga jarak. red

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar