Harimau Hitam Super Langka Tak Sengaja Masuk Kamera

Harimau Hitam Super Langka Tak Sengaja Masuk Kamera

Porospro.com - Seekor harimau super langka berkeliaran dan berhasil tertangkap kamera. Tidak seperti harimau pada umumnya yang belangnya dominan warna kuning atau orange, harimau ini kulitnya dominan warna hitam.

Fotografer amatir bernama Soumen Bajpayee secara tidak sengaja menjepret hewan tersebut saat ia mendatangi hutan penangkaran di wilayah Odhisa, India.

Dia sedang mengamati burung dan monyet, sebelum mendadak harimau tersebut menampakkan diri padanya.

Seperti dikutip detikINET dari Metro, harimau warna hitam ini sebenarnya adalah harimau bengal, akan tetapi ia punya kondisi yang disebut sebagai pseudo melanism.

Akibatnya, belang di tubuh mereka begitu tebal dan rapat, sehingga kulit yang berwarna orange tertutupi.

Ukurannya diketahui sedikit lebih kecil dari harimau bengal dan sangat jarang terdeteksi oleh manusia. Bahkan biasanya, foto yang dihasilkan hanya berasal dari kamera yang diletakkan di habitat mereka.

"Pada awalnya saya tidak tahu apa yang terjadi karena melihat harimau yang sungguh beda. Saya pernah melihat beberapa harimau di alam maupun penangkaran, tapi hewan ini sungguh tidak sama. Saya senang meski hanya beberapa detik," kata dia.

Harimau hitam ini hanya dapat dijumpai di area hutan Odisha dan pertama kali ditemukan pada tahun 1990. Jumlahnya makin turun dalam beberapa tahun belakangan, bahkan telah mendekati kepunahan.

Dr Bivash Pandav selaku ahli fauna Wildlife Institute of India menyatakan kemungkinan pada masa sekarang hanya tersisa 7 sampai 8 ekor harimau hitam di alam liar.

Secara keseluruhan, populasi harimau juga makin terancam karena masih maraknya perburuan walau statusnya sudah lama dilindungi.

Menurut data dari World Wildlife Fund, pada saat ini hanya ada sekitar 3.900 ekor harimau yang ada di alam liar.

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar