Pantai Terumbu Mabloe Rekomendasi Baru Objek Wisata Inhil

Pantai Terumbu Mabloe Rekomendasi Baru Objek Wisata Inhil
Pantai Terumbu Mabloe

Porospro.com - Ekowisata Pantai Terumbu Mabloe baru-baru ini ramai diperbincangkan. Bagaimana tidak, objek wisata di Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuindra, Inhil yang baru dikembangkan ini ternyata sangat eksotis.

Pantauan lapangan, di sana bukan hanya menyajikan alam yang mempesona. Namun juga terdapat nilai-nilai budaya warga tempatan dari kalangan Suku Duanu atau dikenal sebagai keturunan 'orang laut'.

Budaya yang paling menonjol adalah menongkah/menongkah kerang, yakni berselancar di permukaan lumpur dengan alat 2 keping papan yang sudah disatukan, dan panjangnya kira-kira 2 meter.

"Unik, tidak pernah saya temukan permainan begini (menongkah, red) di pantai lain," kata salah seorang wisatawan, Pian, Selasa (09/02/2021).

Pasir pantai di sana sebenarnya tidak lumpur semua. Ada sekitar 10 meter pasir dari Serasah kulit kerang dan sejenisnya tertimbun memanjang. Pasir pantai ini hanya dapat dinikmati disaat kondisi laut sedang surut.

Disamping itu, wisatawan juga dapat menikmati ademnya pohon-pohon rimbun, seperti Pidada, Perepat, dan Kayu Api-api.

Hasanuddin, selaku Inisiator Pantai Terumbu Mabloe menyatakan akan selalu mendorong kemajuan ekowisata pantai. Dengan demikian, dia berharap dibantu oleh banyak kalangan dalam proses pengembangannya.

"Amat disayangkan kalau potensi di daerah kita tidak dikelola dengan baik. Saya fikir pantai ini mampu bersaing dengan objek-objek wisata lainnya di luar sana," ujarnya.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Inhil, Junaidi Ismail ketika meninjau langsung merespon baik. Saat itu dia mengaku tertarik untuk mengembangkan potensi kawasan pantai tersebut.

"Setelah melihat potensi yang ada, bagi kita di sektor pariwisata juga akan mengembangkan Pantai Terumbu Mabloe ini dalam satu konsep Ekowisata kawasan pesisir yakni mulai dari Pantai Solop, Pantai Bidari, dan pantai ini," katanya.

Sebab menurutnya, Potensi Terumbu Mabloe terdapat potensi pantai berlumpur yang dapat dikombinasikan dengan hutannya, hal itu dinilai mampu menjadi daya tarik yang baru.

Dengan demikian, dalam waktu dekat dia berencana akan merancang Masterplan dan Detail Engineering Design (DED) pada Pantai Terumbu Mabloe.

"Berkaitan itu tentunya kita akan merancang kawasan ini sedemikian rupa, sehingga bisa lebih menarik lagi yang tentunya memberikan kenyamanan, keindahan, dan kemudahan bagi para pengunjung," pungkasnya. red

 

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar