Kadisparporabud Inhil: Danau Mablu Bersifat Wisata Petualangan

Kadisparporabud Inhil: Danau Mablu Bersifat Wisata Petualangan

Porospro.com - Potensi destinasi wisata Danau Mablu di Pulau Basu, Desa Sungai Bela, Kecamatan Kuala Indragiri (Kuindra) merupakan wisata pertualangan. 

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Junaidy Ismail, belum lama ini.

"Danau Mablu itu khusus destinasi kawasan wisata khusus, sifatnya adalah wisata petualangan," katanya.

Diterangkan, danau ini berada di kawasan kubah gambut dengan air tawar. Di sana terdapat beberapa danau yang saling berkoneksi. Hanya saja, destinasi ini lebih kepada riset dan edukasi sebagai rekreasi petualangan khusus.

Sebab menurutnya, untuk sampai ke sana membutuhkan waktu perhitungan air. Ketika kondisi air sedang surut, maka wisatawan tidak memiliki akses masuk.

Menariknya, ketika musim tertentu, destinasi danau tersebut terdapat burung migran seperti Burung Kedidi, Kutul Kecil, dan Kutul Besar.

"Jenis burung ini merupakan burung migran yang akan mampir setiap tahunnya ketika kutup utara dan kutup selatan sedang musim salju. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian," paparnya. red

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar