HUT ke-102, Damkar Inhil Terus Berbenah

HUT ke-102, Damkar Inhil Terus Berbenah
Kepala DPKP Kabupaten Inhil, Eddiwan Shasby di ruang kerja

Porospro.com - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Eddiwan Shasby terus melakukan upaya pembenahan dan melengkapi seluruh peralatan pemadam. 

Hal demikian disampaikannya saat ditemui di ruang kerjanya, Jalan SKB, Tembilahan, Selasa 2 Maret 2021. 

Eddi, panggilan akrabnya, menyampaikan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke-102, pihaknya akan berupaya memberikan kontribusi positif untuk masyarakat. 

"Dihari HUT tahun ini, dari pemerintah pusat meminta kabupaten/kota khususnya di Inhil untuk memberikan video dokumenter tentang upaya penyelamatan apabila ada rumah warga yang mengalami kebakaran," kata Eddiwan. 

Selain itu, Kepala Dinas Damkar tahun ini mengusulkan penambahan armada kepada pemerintah daerah seperti mobil Rescue, mobil ambulans dan alat-alat penyelamatan.

Eddi menyebutkan, alat penyelamatan tersebut digunakan untuk mengevaluasi binatang yang mengancam warga. 

"Selama ini alat-alat penyelamatan masih menggunakan manual, contoh alat untuk menangkap ular dan anjing. Mudah-mudahan tahun ini direalisasikan oleh Pemda," sebutnya. 

Disamping itu, Damkar Inhil hari ini hanya fokus ke pemadam kebakaran rumah warga. Namun demikian, untuk tahun selanjutnya pihaknya juga akan fokus melakukan penyelamatan alias memberikan rasa aman kepada masyarakat. 

Dari personil Damkar sendiri, menurut Eddi, perlu ada pendidikan-pendidikan latihan dasar dalam rangka menunjang profesional kerja personil dilapangan agar mahir dan cekatan memadamkan api dititik kebakaran. 

"Kalau dari Standar Operasional Prosedur (SOP) ada namanya Insfetur, Investigator, ada pemadam satu, pemadam dua, Pemadam tiga, ada penyuluh muda, penyuluh madya dan sebagainya. Doakan saja semua SOP kita kedepan lebih baik, termasuk armada dan alat-alat pemadam," pungkas Eddi.

Terakhir, Kepala Dinas mengucapkan selamat HUT Damkar ke-102, ia berharap semua personil tetap semangat dalam menjalankan tugas dan tufoksi mereka masing-masing sesuai slogan Damkar Inhil 'Pantang Pulang Sebelum Api Padam'. (Adv)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar