Disdagtri Inhil Dorong IKM Jadi Penggerak Ekonomi Daerah

Disdagtri Inhil Dorong IKM Jadi Penggerak Ekonomi Daerah
Kabid Perindustrian, H Arispudin

Porospro.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mendorong para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk meningkatkan daya saing perekonomian lebih luas lagi.

Kepala Disdagtri Inhil melalui Kabid Perindustrian, H Arispudin meyakini, IKM-IKM yang ada sangat berpotensi membantu pemerintah mempertahankan ekonomi secara nasional. Sebab, dari berbagai hasil produksi saat ini dinilai memiliki keunggulan tersendiri.

"Potensi kita yang memiliki keunggulan terdapat pada hasil produksi kelapa, sagu, dan perikanan," kata Aris yang disimak oleh perwakilan Balai Pengembangan Produk dan standardisasi Industri (BPPSI) Pekanbaru Robby dan seorang akademisi dari Universitas Riau (Unri) Prof Jahrizal, Kamis (29/4/2021) kemarin.

Untuk itu, Bidang Perindustrian Disdagtri Inhil turun mengkaji potensi IKM-IKM di Inhil lebih luas bersama BPPSI dan seorang akademisi Unri. Dalam sehari, mereka melihat langsung aktifitas pelaku IKM di Kecamatan Tembilahan, Kecamatan Gaung Anak Serta (GAS), dan Kecamatan Kempas.

Sebagaimana diketahui, IKM ini merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi nasional berbasis kerakyatan. Terlebih lagi jika para pelaku IKM membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya yang masih kental nuansa kekeluargaan.

Disamping itu, IKM juga merupakan produk unggulan daerah yang menjadi tolak ukur dan representasi industri nasional di pasar global. Namun tetap mengutamakan ciri khas keunikan karakteristik daerah masing-masing, begitu juga untuk di wilayah Kabupaten Inhil. Termasuklah memanfaatkan sumber daya lokal, baik SDM maupun SDA. (Adv)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar