Pengunjung Bisa Nikmati Mandi Air Jernih dan Dangkal di Air Terjun 86

Pengunjung Bisa Nikmati Mandi Air Jernih dan Dangkal di Air Terjun 86

Porospro.com - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang berada di daerah pesisir dan terujung Provinsi Riau ternyata memiliki air terjun yang indah dan memesona. Namanya cukup unik, yaitu Air Terjun 86 . Air terjun ini memiliki ketinggian 39, 86 meter.

Memang butuh sedikit perjuangan untuk sampai ke air terjun ini. Karena untuk mencapainya pengunjung harus melalui medan yang cukup berat.

Sekitar 20 Km dari Selensen, Kecamatan Kemuning. Pengunjung harus menempuh jalan tanah yang hanya bisa dilalui sepeda motor jenis trail dan kendaraan roda empat sejenis jeep dan lainnya yang serupa.

Setelah itu pengunjung juga harus menuruni anak tangga yang cukup curam untuk sampai ke lokasi Air Terjun 86.

Namun segala perjuangan itu akan terbayarkan tuntas dengan keindahan dan kesegaran yang diberikan air terjun ini.

Terlebih lagi pengunjung juga akan dimanjakan oleh suasana alam nan asri saat memasuki kawasan air terjun.

Bangunan rumah adat melayu atau biasa di sebut pesanggerahan milik penduduk juga akan menyambut pengunjung.

Setelah sampai di lokasi air terjun, jangan lupakan mandi di kolam air dangkal yang jernih. Kesegarannya layak untuk melepas lelah setelah menempuh perjalanan berat.

Lokasi air terjun yang berada di kawasan penyangga Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) juga membuat pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pesona flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Bahkan jika beruntung, pengunjung juga akan bertemu dengan burung Kuau (Argusianus argus argus) yang langka dan berbulu lentik dengan pesona berbeda saat burung ini mulai menguakkan bulunya.

Selain itu berbagai macam jenis kayu hutan alami juga akan ditemukan di kiri dan kanan lembah. Antara lain, yaitu, Kayu Resak, Pintangur dan Meranti.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Inhil, Junaidy Ismail sangat merekomendasikan destinasi yang sedang di garap oleh Pemerintah Kabupaten Inhil ini.

Junaidy menjelaskan, Air Terjun 86 merupakan air terjun alami yang berasal dari aliran Sungai Abang yang selanjutnya akan jatuh ke kolam dan mengalir ke Sungai Endelang (tembulun).

“Dari aliran air terjun utama (86) yang jatuh ke kolam (lubuk) akan mengalir ke tembulun yang terbuat dari celah batu. Namanya tembulun dan airnya begitu dingin dan jernih,” jelas Junaidy.

Terkait angka 86 pada namanya, menurut Junaidy, hal itu diberikan karena lokasi air terjun yang berada di kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera.

“Tepatnya air terjun ini berada di Dusun Simpang Pendowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning Kabupaten Inhil, Riau,” tutur Junaidy.

Lebih lanjut Junaidy membeberkan, Air Terjun 86 bukan satu-satunya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Inhil.

Menurutnya, terdapat sekitar 10 air terjun yang ada di Kecamatan Kemuning ini. Antara lain, Air Terjun Tembulun Ruso, Selensen Salak, Senkoran, Bukit Berbunga, Gua Batu Leman, Bukit Condong, Landscape Sungai Reteh dan lain-lain.

“Semuanya berada di sekitar kawasan TNBT. Sekitar 30 ribu hektar wilayah kita (Inhi) berada di lanscape TNBT,” katanya.

Namun untuk saat ini, air terjun 86 menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Inhil untuk terus di kembangkan dan dipromosikan.

“Sejak tahun 2016 kita sudah bangun fasilitas tangganya, WC dan panggung. Sekarang ini setiap destinasi wisata kita sadarkan kelompok pariwisatanya. Selain itu pembagunan pariwata akan kita integrasikan dengan Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIIJ) Plus terintegrasi,” pungkas Junaidy. (Adv)

 

Sumber: Tribun Pekanbaru

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar