Luar Biasa, Destinasi Wisata Air Terjun 86 yang Penuh Petualangan

Luar Biasa, Destinasi Wisata Air Terjun 86 yang Penuh Petualangan

Porospro.com - Masih ada yang tahu bahwa Inhil juga mempunyai destinasi wisata berupa air terjun eksotik nan indah.

Air terjun ini diberi nama Air Terjun 86 karena berada di kilometer 86 jalan raya Lintas Timur Sumatera. Air terjun 86 juga masih berada di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, tepatnya di selatan Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir.

Air Terjun 86 mempunyai ketinggian sekitar 20 m dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat. Debit airnya cukup besar dan deras sehingga dari jarak 10 meter saja kita sudah dapat merasakan hempasan air terjunnya.

Air Terjun yang merupakan hulu dari Sungai Nderlang ini merupakan mata air yang akan selalu ada dan debit airnya akan tetap stabil meskipun sedang musim kemarau, jadi Air Terjun 86 dapat dikunjungi di segala musim.

Air terjun ini memiliki air berwarna kehitaman dan memilki dinding-dinding yang dibangun dari bebatuan alam yang terbentuk secara alami.

Di sekitarnya juga terdapat pepohonan yang rindang, sehingga menciptakan paduan suasana asri dan eksotik.

Kecamatan Kemuning merupakan daerah perbukitan, jadi untuk mencapai dan menyaksikan keeksotikan Air Terjun 86 kamu harus melalui jalur perbukitan yang penuh petualangan selama beberapa jam.

Namun, keletihan akan terbayar karena ketika mencapai lokasi kamu akan takjub akan gemuruh dan eksotisnya Air terjun 86.

Destinasi ini tentu saja menjadi perhatian serius oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud).

Air Terjun 86 merupakan air terjun alami yang berasal dari aliran Sungai Abang yang selanjutnya akan jatuh ke kolam dan mengalir ke Sungai Endelang (tembulun). Dari aliran air terjun utama (86) yang jatuh ke kolam (lubuk) akan mengalir ke tembulun yang terbuat dari celah batu. Namanya tembulun dan airnya begitu dingin dan jernih.

Terkait angka 86 pada namanya, menurut Junaidy, hal itu diberikan karena lokasi air terjun yang berada di kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera.

Tepatnya air terjun ini berada di Dusun Simpang Pendowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning Kabupaten Inhil, Riau. Air Terjun 86 bukan satu-satunya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Inhil.

Menurutnya, terdapat sekitar 10 air terjun yang ada di Kecamatan Kemuning ini. Antara lain, Air Terjun Tembulun Ruso, Selensen Salak, Senkoran, Bukit Berbunga, Gua Batu Leman, Bukit Condong, Landscape Sungai Reteh dan lain-lain.

Semuanya berada di sekitar kawasan TNBT. Sekitar 30 ribu hektar wilayah kita (Inhi) berada di lanscape TNBT. Namun untuk saat ini, air terjun 86 menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Inhil untuk terus di kembangkan dan dipromosikan.

Sejak tahun 2016 kita sudah bangun fasilitas tangganya, WC dan panggung. Sekarang ini setiap destinasi wisata kita sadarkan kelompok pariwisatanya. Selain itu pembagunan pariwata akan kita integrasikan dengan Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIIJ) Plus terintegrasi. (Adv)
 

Sumber: lancangkuning.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar