Beberapa Poktan di Inhil Terima Bantuan Alat Pertanian

Beberapa Poktan di Inhil Terima Bantuan Alat Pertanian

Porospro.com - Beberapa kelompok Tani (Poktan) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) kembali mendapatkan bantuan alat pertanian dari pemerintah.

Kali ini, bantuan berupa Hand Traktor yang diserahkan oleh Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau, Sabtu (17/7/2021).

Atas bantuan tersebut, Poktan mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada wakil rakyat yang duduk di Komisi II DPRD Provinsi Sulaiman dan James Pasaribu yang telah memperjuangkan aspirasi mereka hingga terealisasi.

"Kami sangat terbantu sekali dengan bantuan Hand Traktor ini. Karena selama ini Kelompok tani kami tidak punya, jadi menyewa ke lain," ungkap Ketua Poktan Karya Bakti Desa Bayas, Kecamatan Kempas, Nanang Rosidin usai penyerahan bantuan.

Nanang berharap bantuan pemerintah terus mengucur kepada Poktan, agar petani lebih maju dan hasil panennya menjadi lebih meningkatkan.

"Ada sekitar 30 hektar lahan yang dikelola 30 anggota Poktan Karya Bakti. Jadi kami berharap setidaknya ada 2 hand traktor, jadi masih kekurangan 1 lagi. Power Treshere atau mesin perontok padi paska panen juga tak ada. Semoga bisa dibantu lagi oleh pemerintah," harap Nanang.

Yuliatmi selaku Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Riau menjelaskan penyerahan bantuan ini berdasarkan usulan anggota DPRD Provinsi Riau, Sulaiman MZ SE M.Si

Ia menjelaskan Provinsi Riau saat ini baru 30 sampai 35 persen kebutuhan beras di Riau ini terpenuhi. Selebihnya beras didatangkan dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Jambi.

Sehingga dengan adanya bantuan alat-alat pertanian yang disaluran dan diupayakan oleh anggota DPRD Provinsi Riau dapat mempercepat penanaman.

"Jadi harapan kita bersama kelompok tani yang menerima alat- alat pertanian ini dapat mengoptimalkan penggunaan alat tersebut, karena kita akan menuju petani maju, mandiri, dan moderen yang didukung dengan alat pertanian," katanya.

Poktran juga minta merawat sehingga nilai ekonomisnya bisa bermanfaat hingga bertahun-tahun lamanya.

Sementara itu Sulaiman MZ yang turut menghadiri penyaluran bantuan ketika diwawancarai wartawan mengatakan bantuan alat ini merupakan pemenuhan dari kebutuhan masyarakat yang bergerak di bidang tani dalam pengolahan tanah.

"Alhamdulillah, dengan bekerja sama antara Legislatif dan  Dinas Pertanian Provinsi Riau, hari ini kita dapat memenuhi kebutuhan saudara-saudaraku berupa bantuan alat pertanian Hand Traktor. Mudah-mudahan dengan alat ini dapat meningkatkan produksi pertanian di Inhil. Selama ini banyak kita di Inhil untuk pengolahan lahan hanya dilakukan secara konvensional, dengan adanya alat ini  mudah-mudahan dapat memangkas waktu dalam pengolahan sawah," imbuhnya

Sulaiman yang juga Ketua DPD PAN Inhil tersebut berharap kedepannya kejayaan dalam swasembada pangan kembali terwujud di Kabupaten Inhil.

Untuk diketahui, beberapa bulan sebelumnya juga dilakukan penyerahan bantuan kepada Poktan di Inhil berupa Power Threshere dan motor roda tiga sesuai aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada Anggota Provinsi Riau ketika reses. Ada 11 Hands Traktor yang disalurkan. rls

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar