Pantai Solop Selalu Digadang-gadang Jadi Tempat Liburan

Pantai Solop Selalu Digadang-gadang Jadi Tempat Liburan

Porospro.com - Pantai Solop menjadi salah satu pantai andalan Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Pantai ini terletak di Kecamatan Mandah, Desa Pulau Cawan.

Pantai Solop mulai populer saat mantan Gubernur Riau Rusli Zainal merilis lagu khusus untuk tempat tersebut. Hasilnya, pantai ini kini masuk dalam peta wisata Kabupaten Indragiri Hilir dan menjadi destinasi wisata paling populer di kabupaten tersebut.

Keunikan pantai ini bisa dilihat dari pasir putihnya. Tak sama dengan pantai-pantai lainnya, Pantai Solop memiliki pasir putih atau yang lebih sering disebut dengan pasir sirsak.

Pasir ini terbentuk dari fosil-fosil kerang yang sudah hancur cukup lama hingga membentuk pasir-pasir putih di tepi pantai.

Selain itu, pantai ini juga dikelilingi tanaman mangrove atau bakau yang menjadi salah satu pemandangan menarik dan indah. Uniknya lagi, warna air di pantai ini coklat, berpadu dengan pasir putih yang berbeda dari pasir-pasir lain yang ada di Indonesia.

Linda, salah seorang warga Tembilahan mengaku ingin sekali liburan ke objek wisata ini. Meski sudah beberapa kali, dia mengaku tidak bosan berlibur di sana.

"Sangat menikmati ketika bersantai di Pantai Solop. Apalagi bersama keluarga, kebersamaan berlibur benar-benar di tujuan yang tepat," ucapnya, 24 Juli 2021.

Sampai hari ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) terus melakukan pengembangan objek wisata kebanggan masyarakat Inhil ini.

Apalagi, objek wisata alam Pantai Solop ini terletak di jalur yang strategis, yakni menghubungkan perairan Indragiri Hilir dengan daerah pesisir lainnya yang ada di Riau seperti Bengkalis, Batam hingga ke Kepulauan Riau.

Pantai ini juga dapat menghubungkan jalur perairan Indragiri Hilir dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pantai ini juga dikelilingi pulau-pulau kecil yang indah. Salah satu pulau yang menyimpan cerita rakyat tempatan adalah Pulau Sangkar Ayam. Legenda cerita rakyat Inhil cukup dikenal dari pulau tersebut. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar