Pandemi Covid-19

Event Wisata Menongkah Kini Dirindukan

Event Wisata Menongkah Kini Dirindukan
Foto: Dok. Event Festival Wisata Menongkah Kerang

Porospro.com - Masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) merindukan event wisata menongkah. Yang mana, event ini biasanya diselenggarakan saban tahun di Kecamatan Tanah Merah.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Inhil terkenal dengan suatu event yang bernama wisata menongkah, yang merupakan ritual budaya suku Duanu.

Para peserta diacara ini akan bersama-sama mencari kerang di padang lumpur dengan menggunakan sebilah papan yang terbuat dari pohon besar yang sudah tua. Jika dilihat secara sekilas, kegiatan Menongkah seperti halnya berselancar di padang lumpur.

Akibat pandemi Covid-19, event tahunan ini untuk sementara tidak digelar demi menghindari kerumunan massa.

"Biasa kami selalu menyaksikan. Budaya warisan ini sangat menghibur," ucap Adi, salah seorang warga Tembilahan, Ibu Kota Kabupaten Inhil.

Festival tahunan oleh masyarakat suku duanu ini sangat dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Inhil melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud).

Total festival menongkah yang digelar di Pantai Bidari, Desa Tanjung Pasir, Kecamatan Tanah Merah total telah 9 kali dilaksanakan.

Dalam perjalanannya festival menongkah sudah 2 kali mendapat rekor Museum Rekor Indonesia (Muri), yaitu pada 2008 untuk rekor peserta menongkah terbanyak dan 2016 rekor mandi diatas papan tongkah terbanyak.

Rekor Muri Menongkah massal yang melibatkan lebih dari 500 peserta dan mandi lumpur dengan peserta terbanyak. Dalam festival menongkah ini tidak hanya menampilkan perlombaan menongkah saja, tapi ada juga lomba merampah dan Lompat Lumpur.

Tidak hanya sampai disitu saja, keunikannya membuat menongkah juga dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tidak Benda (WBTB) Pertama di Kabupaten Inhil oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Penyerahan sertifikat WBTB oleh Kemedikbud RI diserahkan langsung saat penyelenggaraan Festival Menongkah Tahun 2018 di Pantai Bidari, Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar