Wisata Pantai Solop yang Unik

Wisata Pantai Solop yang Unik

Porospro.com - Indonesia merupakan Negara besar yang memiliki banyak pulau, oleh kerena itu Indonesia juga memiliki banyak pantai pula, salah satu pantai itu berada di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau yang diberi nama Pantai Solop oleh masyarakat yang dijadikan sebagai tempat wisata bagi para wisatawan yang datang dari dalam dan luar daerah. Pantai ini selalu dikunjungi oleh wisatawan pada saat kapanpun, apalagi ketika hari libur pengunjung akan semakin ramai untuk mengisi waktu liburannya di pantai ini.

Pada zaman dahulu Pantai solop merupakan pantai yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas dikarenakan belum adanya informasi yang mengekspos pantai ini seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan sebagainya. Sekarang pantai ini sangat terkenal di kabupaten Indragiri hilir dan luar daerah lainnya dikarenakan pantai ini telah dikelola dengan baik oleh masyarakat dan pemerintah sehingga menjadi lebih indah dan asri. Pantai solop ini dipopulerkan melalui lagu yang berjudul Pantai Solop dan tari Zapin oleh H.M.Rusli Zainal yang merupakan mantan Gubernur Riau.

Pantai pasti memiliki keunikan masing-masing, Pantai Solop juga memiliki keunikan berupa hamparan pasir putih yang dinamakan pasir Sirsak yang merupakan pasir terbentuk dari fosil-fosil hewan laut seperti kerang dan lainnya yang terbawa oleh air dan mengendap di tepi pantai hingga menjadi pasir. Keunikan pantai solop ini adalah hamparan pohon Mangrove yang tumbuh disepanjang pesisir pantai yang menambah pantai semakin indah dengan pemandangan hijau dari pohon Bakau serta hamparan pasir putih di sepanjang badan pantai. Keunikan lainnya dari pantai solop ini adalah adanya pemandangan pulau kecil di seberang pantai. Ketika air laut pasang maka pulau tersebut akan tenggelam sebagian, dan ketika air laut surut maka pulau tersebut timbul ke permukaan. Selain itu keunikan dari pantai ini adalah ketika hari senja kita bisa melihat keunikan sunset di tepi pantai. Di pantai ini juga banyak masyarakat yang berjualan makanan yang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung.

Pantai Solop ini merupan pantai warisan daerah yang memiliki potensi berupa nilai ekonomis sehingga menambah pendapatan masyarakatat sekitar dan bertambah pula pendapatan daerah sehingga kemakmuran masyarakat meningkat pula. Oleh karena itu kita sebagai generasi bangsa harus menjaga warisan tempat wisata daerah dari kerusakan tangan-tangan nakal dan merawat pantai Solop ini agar tetap asri dan terjaga secara alamiah. (Advertorial)

Penulis: NURHIDAYATI

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: redaksiporospro@gmail.com Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar