Jengkol dan Petai Sumut Sukses Diekspor ke Jepang

Jengkol dan Petai Sumut Sukses Diekspor ke Jepang

Porospro.com - Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan untuk pertama kalinya mengekspor 4 ton jengkol dan petai asal Sumatera Utara ke Jepang.

Komoditas-komoditas ini diberangkatkan ke negeri sakura melalui Pelabuhan Belawan pada Sabtu, 28 Agustus kemarin.

Mengutip laman resmi Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, komoditas asal subsektor hortikultura ini mampu menembus persyaratan ketat negara Jepang, melalui proses serangkaian tindakan karantina oleh pejabat yang berwenang.

"Tidak hanya digemari dipasar dalam negeri, jengkol dan petaipun asal Sumut siap memasuki pasar Jepang untuk memenuhi permintaan,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi Yusmanto di Berastagi, Sabtu 28 Agustus 2021.

Andi mengklaim pihaknya terus menggali komoditas potensi dan melakukan pendampingan teknis agar dapat tembus persyaratan dan protokol ekspor negara tujuan.

Ekspor jengkol dan petai ini bernilai Rp 399 juta atau naik 43,3 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Bambang mengapresiasi munculnya ragam komoditas ekspor berupa jengkol dan petai asal Sumatera Utara.

Pihaknya mengatakan bakal membantu dengan memberikan kemudahan perizinan bagi eksportir demi mendorong tumbuhnya komoditas dan negara tujuan baru.

“Dan tentunya dengan tetap menjaga kemanan dan kualitas komoditas yang diekspor sesuai dengan  persyaratan negara tujuan,” ucap dia.

Balai Besar Karantina Pertanian Belawan saat ini sudah membina petani di 100 desa Sumut untuk mendorong volume dan nilai ekspor serta peningkatan jumlah pengusaha mau pun eksportir.

Bambang berharap, petani dan pelaku usaha jengkol di Berastagi, Kabupaten Karo dapat meningkatkan produktivitas dan  bersinergi dengan pihaknya agar dapat menembus negara lain.

Sumber: Tempo.co

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar