Said Iqbal Bangkitkan Partai Buruh Menuju Pemilu 2024

Said Iqbal Bangkitkan Partai Buruh Menuju Pemilu 2024

Porospro.com - Said Iqbal, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), menatap Pemilu 2024. Asa Said Iqbal bertumpu pada Partai Buruh yang bakal dibangkitkan kembali.

Kebangkitan Partai Buruh berasal dari empat konfederasi serikat pekerja terbesar dan 50 federasi serikat pekerja tingkat nasional. Selain itu, ada dari forum guru honorer, tenaga honorer dan guru swasta FPTHSI, serta beberapa organisasi petani serta nelayan di Indonesia.

"Partai Buruh yang lama dibangkitkan kembali dan Partai Buruh yang baru ini siap mengikuti pemilu 2024," kata Said Iqbal melalui keterangan tertulis, Sabtu (2/10/2021).

Alasan kebangkitan Partai Buruh, menurut Said Iqbal, terkait suara-suara yang harus didengarkan. Kaum buruh serta petani dan nelayan, katanya, patut didengar dan caranya melalui jalur parlemen.

"Suara kaum buruh dan petani-nelayan serta konstituen Partai Buruh harus diberi kesempatan yang sama, disuarakan melalui jalur parlemen, dan jalur perjuangan gerakan tetap dilakukan oleh serikat," ujarnya.

"Di seluruh dunia, pasti ada Partai Buruh atau Partai Sosial Demokrat dengan basis konstituennya adalah buruh. Hanya di Indonesia yang tidak ada lagi Partai Buruh," lanjutnya.

Said Iqbal menyampaikan suara buruh secara politik perlahan mulai kalah sejak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja disahkan. Untuk itu, dia menilai perlu ada Partai Buruh agar suara serikat buruh bisa sampai dalam setiap keputusan politik.

"Disahkannya omnibus law UU Cipta Kerja adalah kekalahan besar dan telak kaum buruh, petani, aktivis gerakan sosial secara politik. Semua kebijakan terkait kesejahteraan pasti diputuskan secara politik. Oleh karena itu, perlu adanya partai yang secara politik mewakili buruh, petani, dan konstituen di parlemen melalui partai politik," ujarnya.

Partai Buruh yang baru dihidupkan kembali diklaim sudah memiliki seribu anggota yang tersebar di 403 kabupaten/kota di Indonesia.

"Memiliki kepengurusan di tingkat nasional, 100 persen tingkat provinsi, 80 persen tingkat kabupaten/kota, 35 persen tingkat kecamatan (masih kurang 15 persen lagi sesuai persyaratan verifikasi KPU), dan sudah memiliki 1.000 anggota merata di 403 kabupaten/kota," tuturnya.

Said Iqbal mengatakan kongres Partai Buruh akan digelar di Jakarta. Deklarasi Partai Buruh akan dilakukan pada hari terakhir kongres.

"Kongres bangkitnya kembali Partai Buruh pada 4-5 Oktober 2021 di Jakarta," imbuhnya.

Siapa Capres Partai Buruh? Said Iqbal menyebut dirinya sementara sebagai calon tunggal yang akan mengisi kursi Presiden Partai Buruh.

"Calon Presiden Partai Buruh sampai hari ini menurut kawan-kawan hanya baru satu orang yang diusulkan bulat oleh 11 organisasi pendiri Partai Buruh yang baru saudara Said Iqbal. Memang mungkin bisa saja nanti sampai dengan nanti kongres ada yang bertambah, tapi bulat sampai hari ini baru satu nama yang disepakati untuk disetujui kongres, yaitu saudara Said Iqbal dari KSPI, presiden KSPI," kata Presiden KSPI, Said Iqbal dalam konferensi pers di kanal YouTube 'Bicaralah Buruh', Minggu (3/10/2021).

Said Iqbal menerangkan kongres Partai Buruh akan digelar dua hari terhitung mulai besok. Sementara untuk deklarasinya akan dilakukan pada hari terakhir kongres partai, yakni pada 5 Oktober di salah satu hotel di Jakarta.

"Kami mengundang pada tanggal 5 Oktober 2021 kepada kawan-kawan media untuk meliput penutupan kongres Partai Buruh akan diumumkan susunan pengurusnya yang baru dan juga keputusan keputusan kongres lainnya jam 10.45 WIB di Hotel Grand Cempaka Putih. Bagi yang tidak bisa hadir kami berharap bisa bergabung nanti di konferensi pers partai melalui Zoom," tuturnya.

Said Iqbal berharap Partai Buruh lolos verifikasi KPU, termasuk ambang batas parlemen. Dua hal itu, kata Said Iqbal, sebagai wujud awal kebangkitan Partai Buruh.

"Kami harapkan kalau sudah lolos verifikasi KPU, lolos parliamentary threshold, kami tidak muluk-muluk sebagai partai yang mudah-mudahan bisa lolos verifikasi ikut mengikuti pemilu oleh KPU lolos verifikasinya, lolos parliamentary threshold sudah lebih dari cukup untuk tahap awal pembangkitan kembali Partai Buruh," ujarnya.

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar