Selain Memberikan Kesegaran dan Keindahan Alam, Air Terjun 86 ini Juga Menyediakan Fasilitas Camping Groud

Selain Memberikan Kesegaran dan Keindahan Alam, Air Terjun 86 ini Juga Menyediakan Fasilitas Camping Groud

Porospro.com - Objek wisata Air Terjun 86 merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan Posisinya yang masih di wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Provinsi Riau. Tepatnya di Dusun Simpang Pendowo, Desa Selensen/Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning.

Pada tahun 90an, tempat wisata ini pernah di kelola oleh perusahaan yang berada di sekitar lokasi jalur 86, yang kemudian di ambil alih oleh warga sekitar pada pertengahan tahun 90an, namun pengelolaan tersebut tidak berjalan lama dan sekarang tidak terlalu terurus lagi.

Air terjun yang memiliki ketinggian 30.86 meter ini dinamakan 86 karena terletak di kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera. Air terjun ini masuk di wilayah Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, tepatnya di Dusun Simpang Pendowo, Desa Keritang Hulu, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir.

Ini merupakan air terjun alami yang berasal dari aliran sungai, dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat, debit airnya cukup besar sehingga dari jarak 10 meter saja kita sudah dapat merasakan segarnya air terjun 86 ini. 

Walaupun Air terjun ini memiliki air berwarna kehitaman, pemandangan Air Terjun yang begitu tinggi menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Air Terjun ini memilki dinding-dinding yang dibangun dari bebatuan alam yang terbentuk secara alami.

Di sekitarnya juga terdapat pepohonan yang rindang, sehingga menciptakan paduan suasana asri dan eksotik.

Destinasi ini tentu saja menjadi perhatian serius oleh pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud).

Selain air terjun yang bersih dan indah, terdapat fasilitas bagi pecinta alam untuk melakukan camping, yang berada di atas bukit atau tepatnya di atas sekitaran air terjun.

Untuk mencapainya Anda harus melewati jalan setapak yang cukup terjal untuk sampai di camping ground. Namun jangan kuatir, karena akan ada pemandu/penjaga yang akan membantu Anda untuk melakukan camping di sekitaran air terjun tersebut.

Jarak tempuh menuju ke Air Terjun 86 ini memerlukan waktu sekitar 5 jam dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kota Tembilahan, Berjarak sekitar 14 km dari jalan raya Lintas Timur Sumatra, atau 4 km dari Selensen, kondisi jalan ke obyek wisata ini berupa jalan tanah, sehingga dapat dicapai hanya kendaraan roda dua atau bisa juga kita menggunakan kendaraan roda empat seperti sejenis Jeep. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar