Potensi Agrowisata Kelapa, Menjadikan Inhil Lokasi Karyawisata dalam Festival Kelapa Internasional

Potensi Agrowisata Kelapa, Menjadikan Inhil Lokasi Karyawisata dalam Festival Kelapa Internasional

Porospro.com - Riau merupakan penghasil Kelapa terbesar di Indonesia, khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, produksi kelapa di provinsi tersebut mencapai 387,9 ribu ton pada tahun lalu. 

Sebagian besar produksi kelapa Indonesia berasal dari Provinsi Riau, tepatnya di Kabupaten Indragiri Hilir, yang berbatasan dengan Provinsi Jambi di Pulau Sumatera.

Kabupaten Indragiri Hilir bisa menghasilkan kelapa sebanyak 299.634 ton per tahun. Dari potensi yang melimpah  itu kabupaten Indragiri hilir di juluki tanah hamparan kelapa dunia. Hampir di setiap sudut Inhil kamu akan menemukan kebun kelapa milik warga atau pun pemerintah. 

Di Kabupaten Indragiri Hilir salah satu Perkampungan bernama Parit Tanjung Pasir, Kelurahan Tanjung Pidada, Kecamatan Tempuling. kampung yang berjarak tak sampai 1 jam dari Kota Tembilahan itu, terhampar subur dan menghijau tinggi kebun-kebun kelapa milik masyarakat. Maka tak heranlah pula, kampung itu terpilih menjadi lokasi Field Trip pada Festival Kelapa Internasional, September 2017 lalu.

Di kawasan tersebut dapat kita saksikan kehidupan sehari-hari masyarakat petani kelapa Indragiri hilir. Bukan itu saja kita juga dapat melihat dan merasakan bagaimana cara petani kelapa Indragiri hilir dari memanen buah kelapa sampai menjadi produk berkualitas Kopra yang bisa dijual ke dalam negeri maupun ke luar negeri

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir (Disparporabud), Junaidy Ismail, S.Sos., M.Si , Agrowisata Kelapa ini merupakan kekayaan masyarakat karena Inhil ini merupakan hamparan kelapa dunia.

Selain itu kawasan Kabupaten Inhil memiliki banyak potensi besar, yaitu pertanian dan wisata. Kebun Agrowisata Kelapa merupakan program hulu dan hilir dari Pemerintah untuk mengembangkan potensi-potensi yang ada di Inhil.

Maka dari itu Kebun Agrowisata Kelapa tidak akan sendirian dalam mewujudkan program hulu dan hilir pertanian unggul ini, karena Inhil masih banyak menyimpan tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi para wirasatawan. 

Jika kamu ingin berwisata sekaligus berlibur, tak ada salahnya untuk berkunjung ke Agrowisata Kelapa di Inhil. Di sana kamu bisa berkeliling perkebunan kelapa dengan menaiki perahu motor yang melaju membelah sungai indragiri. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar