Yamaha Gear 125 S atau Yamaha Soul GT AKS SSS? Beda Harga Cuma Rp50 Ribu

Yamaha Gear 125 S atau Yamaha Soul GT AKS SSS? Beda Harga Cuma Rp50 Ribu

Porospro.com - Motor jenis matic menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia. Skutik dinilai lebih praktis dan mudah kendarai untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Saat ini, ada tiga merek motor yang bersaing di kelas motor matic, yakni Honda, Suzuki, dan Yamaha.

Khusus pabrikan berlogo garpu tala, Yamaha sendiri punya dua pilihan motor dengan rentang harga yang cukup dekat. Pertama adalah Yamaha Soul GT AKS SSS dan kedua Gear 125 S.

Banderol harga kedua motor tersebut berbeda tipis. Namun Yamaha Soul GT AKS SSS lebih lebih dulu hadir dibandingkan Gear 125 S.

Yamaha pertama kali merilis Soul GT itu ditahun 2016, sedangkan Gear 125 memulai debut pertama tahun pada tahun 2020.

Mengingat selilish harga yang tidak jauh, mana yang lebih baik antara Yamaha Soul GT AKS SSS dan Yamaha Gear 125 S jika dilihat dari desain maupun fitur?

Bodi

Untuk membandingkannya, dimulai dari ukuran motor. Secara dimensi kedua motor ini tidak jauh berbeda. Gear 125 S memiliki panjang 1.870 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.060 mm, sedangkan Soul GT AKS SSS punya tinggi 1.070 mm.

Bahkan Gear 125 S dan Soul GT AKS SSS sama-sama sudah menggunakan lampu LED di depan dan lampu sein di area fairing.  Lampu  lainnya di kedua motor ini masih menggunakan bohlam biasa.

Untuk membedakan keduanya, Yamaha memberikan tampilan yang berbeda. Soul GT nampak lebih sporti berkat desain batok lampu lebih condong kedepan. Di sisi lain Gear 215 S terlihat lebih fresh, mengingat motor ini baru diluncurkan tahun lalu.

Fitur

Pada kategori fitur, Gear 125 S menang banyak dibandingkan Soul GT AKS SSS. Motor itu sudah dilengkapi Smart Motor Generator (SMG), lampu hazard, konektivitas handphone (hp) ke aplikasi My Yamaha, kunci dengan sistem answer back, Stop-Start System (SSS), colokan 12 volt, dan ban tubeless.

Sementara Yamaha Soul GT AKS SSS tidak selengkap Gear 125 S. Motor ini belum punya lampu hazard, colokan 12 volt, dan bahkan, ban tubeless. Namun setidaknya motor ini masih mempunyai SSS dan Advance Key System (AKS) yang memudahkan membuka dan menutup lubang kunci. Selain itu Soul GT juga disematkan ECO indikator dan bagasi 14 liter.

Performa dan harga

Kedua motor tersebut memboyong mesin yang sama, yakni 125cc silinder tunggal SOHC liquid cooled dengan semburan tenaga 9.4 hp dan torsi puncak 9.5 Nm.

Yamaha Gear 125 S dan Soul GT AKS SSS menggunakan rem cakram di depan dan rem tromol di belakang, yang dipadu dengan suspensi teleskopik di depan dan unit swing di belakang.

Soal harga, Yamaha Gear 125 S dijual Rp 17.750.000, sedangkan Soul GT AKS SSS dibanderol 17.800.000. Dengan selisih harga hanya Rp 50.000, mending pilih yang mana?

Sumber: otosia.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar