Terbang ke Roma, Jokowi Bersiap Terima Presidensi G20

Terbang ke Roma, Jokowi Bersiap Terima Presidensi G20

Porospro.com - Presiden Joko Widodo bertolak ke Roma, Italia, pada hari ini, Jumat (29/10/2021) untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) G20. Dalam KTT itu, Jokowi akan menerima presidensi G20 dari Italia.

"Di akhir KTT, Indonesia akan menerima keketuaan presidensi G20 dari Italia. Keketuaan Indonesia ini dimulai 1 Desember 2021 sampai 30 November 2022," ujar Jokowi menjelang keberangkatannya di Bandara Soekarno-Hatta.

Jokowi mengatakan bahwa presidensi ini merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab besar bagi Indonesia yang harus dijalankan dengan baik.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa setelah penyerahan presidensi, Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi kegiatan-kegiatan G20 selama satu tahun ke depan.

Airlangga berkata bahwa Indonesia akan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger" selama presidensi G20. Menurutnya, tema tersebut digagas untuk mendorong pemulihan ekonomi global selama pandemi Covid-19.

Sebelum serah terima presidensi, Jokowi akan menghadiri rangkaian KTT G20. Selain hadir dalam konferensi utama, Jokowi juga diminta berbicara di acara sampingan mengenai UMKM dan peran perempuan.

"Undangan ini menunjukkan pengakuan dunia terhadap kebijakan dan keberpihakan kita kepada UMKM dan peran perempuan dalam bisnis UMKM," ucapJokowi.

Di sela KTT G20 ini, Jokowi juga bakal melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan pemimpin dunia lainnya. Namun, Jokowi tak menjabarkan lebih lanjut daftar pemimpin yang akan ia temui.

Setelah menghadiri G20, Jokowi dijadwalkan berangkat ke Glasgow, Skotlandia, untuk menghadiri Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (COP26) yang akan berlangsung pada 31 Oktober hingga 12 November mendatang.

Dari Glasgow, Jokowi akan berkunjung ke Uni Emirat Arab pada 3-4 November. Ini merupakan lawatan bilateral perdana Jokowi selama pandemi Covid-19.

Dalam kunjungan ini, Jokowi akan fokus memperkuat kerja sama kedua negara, terutama di bidang perdagangan dan investasi.

"Akan terdapat pertemuan-pertemuan bisnis yang akan saya hadiri dan hasilnya akan baik bagi ekonomi kita. Tentunya saya akan melakukan pertemuan dengan putra mahkota dan Ruler of Dubai," katanya.

Sumber: CNN Indonesia

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan

Pembahasan RUU HIP Ditunda


Tulis Komentar