Bukit Condong Terus Dikembangkan untuk Menjadi Wisata Unggulan Inhil

Bukit Condong Terus Dikembangkan untuk Menjadi Wisata Unggulan Inhil

Porospro.com - Indragiri Hilir memiliki beberapa sungai besar yang membelah daratan Inhil dengan ribuan parit untuk area perkebunan kelapa terluas didunia. Selain itu, Inhil juga memiliki daerah perbukitan yang menjadi bagian kawasan penyangga dan kawasan inti Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT).

Hampir 20.000 Hektare (ha) wilayah Inhil menjadi bagian kawasan inti Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) menjadi wilayah kerja Resor Keritang.

Di lokasi inilah terdapat bukit yang memiliki pemandangan indah dan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Inhil saat ini, yaitu, Bukit Condong.

Bukit Condong menjadi cukup populer akhir-akhir ini dikarenakan banyaknya pengunjung yang datang untuk menikmati Matahari Terbenam(Sunset) dan Matahari Terbit(Sunrise) sembari melalukan Camping Ground diatas bukit.

Selain itu, pemandangan kabut awan yang menyelimuti bukit pada subuh hari dan juga sore hari juga menjadi spot photo yang paling dinanti-nantikan

Terbentuknya kawasan perbukitan menjadi hamparan semak-semak yang membuat lepas mata memandang ke berbagai arah ternyata disebabkan oleh kebakaran hutan.

Menyimpan Keanekaragaman hayati, hujan tropis dataran rendah, Daerah Bukit Condong merupakan rumah bagi berbagai satwa liar yang dilindungi. Tapir, Siamang (Ungko), Burung Kuau, Simpai dan beberapa jenis satwa lainnya hidup dialam bebas Taman Nasional Bukit Tiga Puluh.

Bukit Condong memiliki 9 tingkat bukit dengan Puncak tertinggi yang dimiliki Bukit Condong berada di ketinggian 450 MDPL (meter diatas permukaan laut).

Disekitar bukit ini juga terdapat Air Terjun antara lain, yaitu Air Terjun Selensen Salak (Kelurahan Selensen), Air Terjun Tembulun Ruso (Desa Batu Ampar) dan Air Terjun 86 (Desa Keritang).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) terus melakukan pengembangan untuk objek wisata ini agar nantinya bisa menjadi objek wisata unggulan yang ada di Indragiri Hilir.

Saat ini, diketahui ada beberapa fasilitas yang dibangun oleh pengelola dari Kelompok Sadar Wisata Bukit Condong Selensen. Kelompok Sadar Wisata Bukit Condong sudah membangun fasilitas jalan akses masuk, penyediaan air bersih, toilet, pintu gerbang masuk, pondok singgah hingga mushala.

Untuk fasilitas WC yang sudah disediakan lebih kurang 8 buah yang  dibangun secara swadaya oleh pengelola sadar wisata bagi para pengunjung.

Untuk perjalanan ke Bukit condong sangat mudah di akses dari berbagai daerah sekitar. Dari Pekanbaru menuju Bukit Condong kurang lebih 9 jam perjalanan, dari Tembilahan 3 jam perjalanan dan dari Jambi kurang lebih 4 jam. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar