Kartu ATM BCA atau Debit Non Chip Diwajibkan Diganti Maksimal 30 November 2021

Kartu ATM BCA atau Debit Non Chip Diwajibkan Diganti Maksimal 30 November 2021

Porospro.com - Nasabah BCA yang menggunakan Kartu ATM atau Debit lama–biasanya masih magnetic stripe–harus segera mengganti dengan Kartu Debit Chip.

Setelah 30 November 2021, Kartu ATM atau Debit BCA Non Chip sudah tidak dapat digunakan.

PR Penggantian kartu itu sesuai dengan arahan Bank Indonesia melalui SE BI No.17/52/DKSP. Jika masih ada nasabah yang menggunakan magnetic stripe, kartu akan diblokir.

BCA memberi waktu bagi nasabah pemegang Kartu ATM/Debit BCA untuk mengganti Kartu ATM/Debit menjadi berbasis chip sebelum 30 November 2021.

Nasabah sebaiknya tidak menunda-nunda, lakukan segera di saat masih ada waktu.

Cara mengganti kartu ATM/debit non-chip menjadi kartu chip kian dipermudah. Nasabah dapat memilih dari tiga cara berikut ini.

Pertama, melalui CS Digital BCA. CS Digital adalah layanan bagi nasabah untuk melakukan transaksi perbankan yang terkait dengan layanan CS dalam satu mesin secara self-service di cabang BCA.

Kedua, hubungi Halo BCA di 1500888 atau bisa juga melalui aplikasi Halo BCA.

Cara terakhir, kunjungi langsung kantor BCA terdekat. Di sana, petugas akan membantu nasabah sehingga proses pergantian kartu tidak memakan waktu lama.

Patut dicatat, seluruh proses penggantian kartu tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Nasabah hanya perlu membawa e-KTP dan kartu BCA lama.

Selain pergantian kartu wajib dilakukan, ada sejumlah keuntungan jika menggunakan Kartu Debit Chip.

Pertama, Kartu Debit BCA Chip–terutama untuk Mastercard–bukan saja berfungsi untuk transaksi di ATM dan mesin EDC, tetapi bisa untuk berbagai transaksi daring (online), berlangganan streaming musik/film, dan membeli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

Keuntungan kedua, menggunakan Kartu Debit BCA Chip berarti telah mendukung kebijakan Bank Indonesia.

Sejak 2015 BI sudah mencanangkan implementasi Standard Nasional Teknologi Chip dan penggunaan enam Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia. 

Keuntungan ketiga, Kartu Debit Non Chip yang menggunakan teknologi magnetic stripe lebih mudah di-copy.

Risiko pencurian data lewat magnetic stripe pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan Kartu Debit Chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Oleh karena itu, segera ganti Kartu ATM atau Debit BCA Non Chip sebelum 30 November 2021 untuk meningkatkan keamanan dan kelancaran bertransaksi.

Sumber: Tempo.co

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar