Buaya Seberat 500 Kg Berhasil Dievakuasi

Buaya Seberat 500 Kg Berhasil Dievakuasi
Proses evakuasi terhadap buaya oleh Tim dari DPKP Kabupaten Inhil

Porospro.com - Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengevakuasi seekor buaya muara di Desa Sialang Panjang, Kecamatan Tembilahan Hulu, Rabu (17/11/2021) malam.

Kepala DPKP Kabupaten Inhil, H Eddiwan Shasby menjelaskan, penangkapan reptil kulit tebal ini berdasarkan surat Kepala Desa Sialang Panjang yang ditujukan kepada Bupati Inhil tentang keresahan masyarakat dengan adanya hewan buas buaya yang sudah mengancam jiwa manusia.

Atas dasar itu, maka langsung ditindaklanjuti dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk menangani buaya muara yang meresahkan masyarakat tersebut.

"Alhamdulillah buaya dapat ditangkap dan langsung dievakuasi ke Mako Damkar Inhil untuk diamankan sementara sambil menunggu koordinasi lebih lanjut dengan BKSDA Rengat," kata H Eddiwan Shasby.

Saat proses evakuasi, DPKP Inhil menurunkan anggota sebanyak 28 orang. Mereka benar-benar harus waspada saat menyusuri mengingat hewan buaya muara ini cukup besar, sementara 15 aliran sungai/ parit yang menjadi titik lokasi keberadaan buaya tersebut.

Singkatnya, akhirnya buaya ini berhasil ditangkap malam hari setelah memangkas waktu 8 jam lamanya. Panjang reptil buas ini lebih kurang 4,5 meter dan lebar antara 60-70 cm, serta bobitnya mencapai 500 Kg.

Operasi dari Tim Rescue DPKP Inhil ini dipimpin oleh Kabid Penyelamatan dan Penanganan Kebakaran Muhammad Ridwan dan diikuti Kasi Operasi Pemadam dan Investigasi Meiyondri, Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Pelatihan pada Bidang Pencegahan dan pengendalian Kebakaran Sirmanto, Khairul Hasbi, serta Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Khairul Hasbi.

Kepala Desa Sialang Panjang, H Yusuf Kurnain menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim dari DPKP Inhil, karena telah membantu masyarakat dari rasa keresahan atas ancaman dari keganasan buaya tersebut.

"Kami ucapkan ribuan terima kasih banyak kepada seluruh Tim Damkar Inhil, membantu mengevakuasi buaya muara yang sangat berbahaya bagi masyarakat," tuturnya.

Pelayanan Kebakaran dan Non Kebakaran Dinas Pemadam kebakaran gratis!!
0768 244 88. (Mediapustindamkar)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar