Penguatan SDM Pariwisata

Kunci Sukses Pembangunan Pariwisata Di Era Revolusi Industri 4.0 Adalah SDM Andal

Kunci Sukses Pembangunan Pariwisata Di Era Revolusi Industri 4.0 Adalah SDM Andal
Rakornas Pariwisata II Tahun 2019 (foto.Kemenpar RI)

Porospro.com, JAKARTA - Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal menjadi kunci sukses pembangunan pariwisata di era revolusi industri 4.0.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat Rakornas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) II Tahun 2019 dengan tema "Curriculum & Training Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDI) Champion 4.0" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kantor Kemenpar, Kamis (4/7/2019) mengatakan, pengembangan SDM sedang menjadi fokus pemerintah Indonesia pada 2019.

“ WIDI merupakan program pembelajaran kompetensi digital bertajuk ‘Blended Learning’ sehingga diyakini akan meningkatkan akselerasi SDM pariwisata,” katanya.

Menpar Arief juga mengatakan, era digital merupakan suatu keniscayaan sehingga kerja sama pengembangan start up pariwisata dan industri kreatif di berbagai destinasi wisata sangat dibutuhkan.

" Saat ini perlu dilakukan kerja sama seperti membuat gerakan nasional. Gerakan ini berorientasi pada pengembangan start up di sektor industri pariwisata serta pengembangan kapasitas," jelas Menpar.

Kementerian juga dapat meningkatkan digital literasi dan memantau kesiapan pelaku bisnis usaha kecil dan menengah di daerah-daerah wisata dan juga untuk karyawan dan perguruan tinggi di bawah naungan Kemenpar.

“ Langkah awalnya kita akan mulai bagi ASN Kemenpar dan mahasisawa Poltekpar yang jumlahnya 10 ribu,” ujar Arief.

Kemudian penyelenggaraan Rakornas Pariwisata II Tahun 2019 dimaksudkan sebagai upaya menyinergikan seluruh kekuatan kepariwisataan nasional melalui penguatan SDM pariwisata agar dapat memenangkan kompetisi global di era industri 4.0. Rakornas mengangkat tema besar "Curriculum & Training Wonderful Indonesia Digital Tourism (WIDI) Champion 4.0”. (*)

image
Redaksi

POROSPRO.com adalah portal berita umum yang berdomisili di Kota Tembilahan Provinsi Riau. Dikelola oleh sekumpulan anak muda berpengalaman dalam bidangnya, POROSPRO.com mengusung tema pemberitaan dan desain yang fresh dengan tagline Sumber Berita Masa Kini.


Tulis Komentar