Diganjar Penghargaan

Investasi di Riau Terbesar di Sumatera Kalahkan Jateng

Investasi di Riau Terbesar di Sumatera Kalahkan Jateng
Kadis DPMPT Helmi Darmawi bersama Wakil Gubernur Riau Edy Afrizal Natar Nasution usai menerima piagam penghargaan

Porospro.com - Dalam beberapa tahun terakhir, Provinsi Riau ibarat surga bagi investor. Terbukti, capaian realisasi investasi di Negeri Lancang Kuning sejak 2019 meningkat tajam dan terbesar di Sumatera. 

Bahkan di 2021, Provinsi Riau masuk lima besar nasional, mengalahkan Jawa Tengah. 

Karena prestasi itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI, Bahlil Lahadalia pada Rabu (16/02/2022) sore, di Gedung Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, memberikan penghargaan kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang capaian realisasi investasi-nya terbesar di tahun 2021.

Ada 7 (tujuh) provinsi yang diganjar penghargaan bergengsi itu, secara berurut sesuai peringkat dan besaran investasi, yakni: Jawa Barat (Rp136,13 triliun), DKI Jakarta (Rp103,33 triliun), Jawa Timur (Rp79,55 triliun), Banten (Rp57,96 triliun), Riau (Rp53,05 triliun), Jawa Tengah (Rp52,71 triliun) dan Maluku Utara (Rp43,84 triliun).

Bahlil mengatakan, realisasi investasi pada tahun 2021 secara nasional adalah sebesar Rp901 triliun.

"Saya berpikir, yang bekerja bukan hanya Kementerian Investasi, yang melakukan pekerjaan realisasi investasi ini adalah kepala daerah baik gubernur, wali kota maupun bupati. Untuk itu, keberhasilan realisasi Rp901 triliun ini adalah keberhasilan kita semua," sebut Bahlil saat menyampaikan sambutan.

Bahlil kembali menegaskan bahwa investasi sangatlah penting. Investasi adalah pintu masuk untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menyejahterakan rakyat.

"Sejak saya masuk (jadi menteri), saya ingin pembangunan Indonesia tidak hanya fokus di satu pulau, tapi saya ingin membangun Indonesia adalah membangun semua wilayah kesatuan Republik Indonesia dari Aceh sampai Papua," tegas pria asal Papua itu, disambut tepuk tangan hadirin.

Khusus Provinsi Riau, investasi meningkat drastis sejak 2019 atau di bawah kepemimpinan Syamsuar-Edy. 

Tercatat pada 2018, Riau masih berada pada peringkat 10 nasional dan peringkat tiga di Sumatera, dengan capaian realisasi investasi sebesar Rp22,89 triliun.

Namun pada 2019 meningkat tajam menjadi peringkat 6 nasional dan nomor satu di Sumatera dengan capaian realisasi investasi sebesar Rp41,80 triliun.

Pada 2020 Riau masih tercatat pada peringkat 6 nasional dan terbesar di Sumatera dengan capaian realisasi investasi sebesar Rp49,64 triliun.

Pada 2021, Riau makin mendominasi dengan menyalip Jateng dan kini berada di peringkat 5 nasional dan terbesar di Sumatera dengan capaian realisasi investasi sebesar Rp53,02 triliun atau melebihi dari target Rp49,1 triliun.

Investasi baik PMDN maupun PMA sepanjang tahun 2021 terbesar di Pelalawan, lalu Dumai, Kampar, Bengkalis, Siak, Pekanbaru, Rohul, Inhil, Inhu, Kuansing, Rohil dan terkecil di Kepulauan Meranti.

Sepanjang tahun 2021, investasi ini telah menyerap lebih-kurang 61.338 tenaga kerja di Provinsi Riau.


Menurut Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution yang hadir mewakili Gubernur Riau saat menerima penghargaan, tingginya investasi di Bumi Lancang Kuning, tidak saja karena berbagai kemudahan yang diberikan pemerintah kepada para investor.

Lebih dari itu, adalah karena sikap terbuka dan jemput bola yang dilakukan langsung oleh Gubri Syamsuar, sehingga menimbulkan kepercayaan dari para investor.

"Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih. (Prestasi) ini tentu karena kerja keras semua pihak" kata Wagubri Edy usai menerima penghargaan.

"Saya ingin mengatakan bahwa di Provinsi Riau, Bapak Gubernur sangat komitmen terhadap Investasi. Ketika ada investor yang sekiranya akan menguntungkan daerah, beliau langsung menangani, sehingga tumbuh suatu kepercayaan kepada investor untuk investasi di Riau, " ungkap Edy menambahkan.

Selain Menteri Bahlil, juga hadir Mendagri yang diwakili Plt. Sekjen Suhajar Diantoro. Sementara Wagubri Edy Natar didampingi Kadis PMPTSP Provinsi Riau, Drs H HELMI D, M Pd. rls

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar