DPKP Inhil Dukung Atasi Banjir di Tembilahan

DPKP Inhil Dukung Atasi Banjir di Tembilahan

Porospro.com - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) turut berpartisipasi mendukung Pemkab Inhil dalam upaya mengatasi banjir di Tembilahan. Hal ini sebagaimana yang digelar gotong-royong masal di sekitar kota Tembilahan, Senin (07/03/2022).

Sebagaimana diketahui, kondisi cuaca dan curah hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan terjadinya genangan air yang cukup tinggi di beberapa titik lokasi, seperti; Jalan Tanjung Harapan, Jalan Trimas, Jalan lingkar 1 dan 2 dan daerah lainnya.

Hal itu tentu saja dikarenakan saluran drainase primer dan sekunder yang tersumbat, diyakini akibat tumpukan sampah dan sisa material bangunan yang mengganggu kelancaran fungsi saluran.

Bupati Inhil Drs HM Wardan MP saat memimpin langsung Apel sekaligus meninjau pelaksanaan Gotong Royong Masal Pemerintah Daerah bersama Masyarakat di sekitar Wilayah Tembilahan, Senin (07/03)

Gotong royong bersama masyarakat ini langsung dipimpin oleh Bupati HM Wardan didampingi Kepala OPD dengan di ikuti jajaran ASN dilingkungan Pemerintah Daerah dan masyarakat Tembilahan. 

"Sebagaimana kita maklumi bersama, wilayah kita ini khususnya Kota Tembilahan sangat rentan mengalami banjir apabila terjadi air pasang besar dan hujan. Selain karena got-got yang ada sudah tidak mampu untuk menampung air-air tersebut, juga karena terjadinya pendangkalan sungai yang kemudian beberapa got-got yang ada dalam Kota Tembilahan ini tidak berfungsi lagi," ungkap Wardan.

kegiatan ini juga bagian dari upaya pemerintah dalam mencegah dan menciptakan keinginan serta motivasi dari seluruh masyarakat Kabupaten Inhil untuk sadar menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melahirkan kesadaran dalam membersihkan lingkungannya sendiri tanpa harus menunggu himbauan pemerintah.

Dia juga mengatakan, kerja bakti dan gotong-royong ini untuk melancarkan aliran air di tempat-tempat yang kerap digenangi air disaat curah hujan tinggi. Maka dari itu, salah satu dinas yang berpatisipasi mendukung pemerintah kabupaten Inhil menanggani banjir yaitu DPKP Inhil dengan menggunakan 2 unit mobil pemadam kebakaran.

Kepala DPKP Kabupaten Inhil Drs H Eddiwan Shasby MM menginstruksikan kepada anggota untuk bergabung dalam kegiatan gotong royong tersebut.

Dia menyampaikan, salah satu akibat terjadinya banjir ini adalah drainase jalan ini sudah dangkal oleh sampah dan tumpukan tanah pasir sehingga akibatnya kalau hari hujan jalan ini tergenang air.

"Kegiatan Goro ini merupakan keinginan bersama antara DPKP Inhil  dan pemerintah daerah Inhil yang memperhatikan jalan terendam air akibat curah hujan bahkan dangkalnya drainase atau Selokan air," ujar Kepala DPKP Inhil.

Ditambahkan, kondisi ini tidak saja dirasakan oleh warga sebagai  pengendara tapi juga oleh pedagang yang berada di lokasi tersebut, sebab itu mereka jadi kurang nyaman berjualan karena sering terendam banjir.

"Mudah-mudahan kalau hujan nanti tidak lagi terjadi banjir.Karena air sudah mengalir dan tidak tersumbat lagi.Kita minta pedagang terus menjaga kebersihan dan ketertiban pasar ini," terangnya.

Terakhir, dia mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya oleh pihak-pihak Dinas lain yang ikut serta dalam gotong royong pembersihan Drainase ini.

"Semoga dengan kerjasama gotong royong ini dapat menambah rasa solidaritas sosial yang lebih tinggi, dan semangat juang membangun Inhil," tutup Kadis DPKP Inhil. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar