Saatnya Panen Bagi Peternak Sapi, Babinsa Gurun Panjang Laksanakan Pendampingan

Saatnya Panen Bagi Peternak Sapi, Babinsa Gurun Panjang Laksanakan Pendampingan

Porospro.com - Musim haji telah tiba, setelah beberapa lama umat muslim di Indonesia tidak bisa berangkat ke tanah suci akibat pandemi Covid-19. 
 
Kini jamaah calon haji Indonesia sedang menunaikan ibadah haji bersama dengan jamaah dari seluruh dunia ditempat yang sama. 
 
Sementara di tanah air, umat muslim mempersiapkan Hari Raya Idul Adha dan Qurban.
 
Di Kota Dumai umumnya hewan qurban yang disembelih adalah sapi dan kambing, namun ada sebagian masjid atau musholla yang menyembelih kerbau.
 
Qurban hewan kerbau berarti harus mendatangkan dari luar daerah karena di Kota Dumai tidak ada peternak kerbau, yang ada kambing dan sapi.
 
Peternak sapi di Kota Dumai terbagi dua yaitu peternak menggunakan modal sendiri dan ada juga peternak yang memperoleh sapinya dari bantuan pemerintah namun harus mengikuti aturan pemerintah dalam proses perawatannya.
 
Salmiah peternak sapi yang tinggal di RT.01 Kelurahan Gurun Panjang termasuk peternak sapi menggunakan modal sendiri karena beliau beternak sejak puluhan tahun silam, jauh sebelum pemerintah membuat program sapi guliran. 
 
Dari sepasang kini sapi miliknya telah berkembang menjadi belasan ekor. Idul Adha adalah masa panen bagi peternak sapi, kerbau dan kambing. 
 
Namun disaat yang sama mereka juga harus lebih waspada. 
 
"Kami senang karena sapi terjual beberapa ekor untuk qurban tetapi kami juga harus ekstra hati-hati terhadap kesehatan dan keamanan sapi kami," ujar Salmiah (10/6). 
 
Mengingat beberapa tahun terakhir kasus kematian dan pencurian hewan ternak menjelang hari raya qurban yang menghantui peternak.
 
"Untuk kasus kematian ternak banyak faktor sebagai penyebab, kasus pencurian hewan ternak kita akan libatkan warga sekitar untuk menjaga lingkungan terutama di malam hari, mirip poskamling hanya saja lebih dekat ke kandang sapi," Ungkap Serda Sugianto selaku Babinsa Kelurahan Gurun Panjang menanggapi pertanyaan awak media perihal kasus pencurian hewan ternak. 
 
Tentunya peternak bisa lebih tenang bila hal tersebut bisa diterapkan.
 
Pencurian hewan ternak memang selalu terjadi kapan dan dimana saja, apalagi kalau sudah mendekati hari-hari besar. Semoga tahun ini tidak terulang lagi.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar