Corona Guncang Dunia

Pakar Ekonomi: Ekonomi RI Bakal Krisis

Pakar Ekonomi: Ekonomi RI Bakal Krisis

Porospro.com - Pakar ekonomi Rizal Ramli memprediksi wabah virus corona (Covid-19) yang mengguncang dunia bisa memicu krisis ekonomi di Indonesia, jika tak segera reda beberapa bulan ke depan.

Perkiraan krisis menguat jika melihat skandal besar di tubuh Jiwasraya dan Asabri. Belum faktor-faktor lainnya yang satu sama lain berkaitan.

Rizal menuturkan, saat ini pertumbuhan kredit di negeri ini berkutat di angka empat persen, merosot dari tahun lalu 6,02 persen. Semestinya, katanya, pertumbuhan kredit bisa bertengger di angka 15-18 persen.

"Ini sekarang sepertiganya saja. Dengan adanya corona, bisa minus sampai satu persen," katanya di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020).

Faktor lainnya yang bisa memicu krisis ekonomi ialah apa yang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu sebut 'lima gelembung'.

"Pertama, gelembung makroekonomi. Semua indikator makro merosot lebih jelek dibanding lima hingga 10 tahun yang lalu. Defisit perdagangan, transaksi berjalan, primary balance dari anggaran, tax ratio, dan sebagainya," ujarnya.

Menurut Rizal, kendati semua indikator makro itu melemah, rupiah tak begitu merosot karena digenjot pemerintah dengan cara meminjam lebih besar dari luar negeri dengan bunga yang lebih mahal. Hal itu nantinya akan menjadi masalah.

"Jadi, (pinjaman itu) buat menopang rupiah biar agak kuat sedikit," ujarnya.

Kedua, ialah gelembung daya beli. Kondisi tahun ini menurutnya terburuk dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terjadi karena daya beli yang menurun sehingga penjualan anjlok.

"Penjualan anjlok banget karena uang yang beredar sedikit. Kenapa? Karena kesedot untuk bayar utang. Jadi, setiap menteri keuangan terbalik menerbitkan surat utang negara, sepertiga dari dana di bank itu kesedot buat beli surat utang negara karena dijamin 100 persen. Yang kedua, bunganya lebih mahal dari deposito," jelasnya.

Gelembung ketiga, masalah gagal bayar. Menurutnya, kasus Jiwasraya dan Asabri turut berperan dalam permasalahan ekonomi. Dalam kasus itu, diperkirakan akan terjadi gagal bayar sekira Rp33 triliun.

"Perkiraan saya nanti ada reksadana yang enggak mampu bayar dana pensiun dan lain-lain, total itu Rp150 triliun (gagal bayar)," ungkap Rizal.

Gelembung keempat, berhubungan dengan digitalisasi. Bisnis online atau digital, kata Rizal, mengalami koreksi valuasi sebesar 40-50 persen.

Gelembung kelima ialah terkait pendapatan petani. Karena kemarau, panen akan mundur sampai Mei dan Juni tahun ini.

"Begitu petani panen padi, Bulog-nya tidak punya uang untuk beli, karena bulog masih rugi Rp30 sekian triliun," ujarnya.

Dengan adanya corona dan lima gelembung masalah ekonomi itu, Rizal memprediksi perekonomian Indonesia akan mengalami krisis pada kwartal kedua.

Ia bahkan mengingatkan kondisi tersebut bisa berimbas pada sektor politik seperti yang terjadi pada krisis ekonomi tahun 1997-1998.

"Masalah corona ini serius banget, bisa-bisa ekonomi Indonesia hanya akan tumbuh sekitar 3 persen," ujarnya.

Sumber: wartaekonomi.co.id

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar