Ojek Online Menjadi Alternatif Baru dan Menunjang Perekonomian Masyarakat

Ojek Online Menjadi Alternatif Baru dan Menunjang Perekonomian Masyarakat

Porospro.com - Ojek online mulai dikenal masyarakat sejak tahun 2015 dan makin berkembang pada saat ini. Ojek online telah menjadi alternatif transportasi selain ojek pangkalan. Transformasi ojek pangkalan menjadi ojek online ini membantu kehidupan masyarakat. Perkembangnya ojek online ini berkembang pesat dengan kebutuhan masyarakat dengan model transportasi yang cepat.

Kemajuan teknologi di bidang transportasi menjadi kebenaran sosial budaya yang terjadi di masyarakat di mana internet sangat mempengaruhi masyarakat dalam menjalani aktivitas di masyarakat. Dengan adanya Ponsel pintar ini dapat dijangkau oleh siapapun baik penggunaan Android ataupun iOS di mana membuat masyarakat menjadi ketergantungan pada smartphone dan internet, dengan kesempatan tersebut membuat penggagas bidang usaha ojek online memperkenalkan ojek berbasis aplikasi online. Adanya transportasi online ini sedang ramai di perbincangkan dikarenakan pemesanan yang mudah dan dapat diunduh oleh siapapun. Pemesanan melalui aplikasi yang sederhana membuat ojek online diterima dengan cepat di kalangan masyarakat serta berbagai macam pilihan layanan yang diberikan sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang jasa (Anis Agustin, 2017). Dengan adanya perkembangan transportasi memberikan sebuah inovasi teknologi yang dapat membentuk penerima dan pengguna aplikasi . Penerimaan dan penggunaan teknologi tidak terlepas dari sikap terhadap perilaku penggunaan aplikasi tersebut. Sikap (attitude) merupakan salah satu faktor penentu untuk niat melakukan pemakaian teknologi (Kusumawati et al, 2014). Sebagian besar masyarakat menyukai penggunaan aplikasi yang memberikan kemudahan kepada konsumen dalam pemanfaatan ponsel pintar yang dapat membantu memberikan kemudahan terhadap apa yang dibutuhkan, dalam membantu sebagai perantara transportasi. 

Dalam kehidupan masyarakat ojek online tidak hanya menawarkan sarana transportasi alternatif aja melainkan juga menawarkan jasa kurir, belanja, antrian pembayaran dan pesan antar dengan menggunakkan motor yang dimiliki. Adanya ojek online ini dapat mempermudah kehidupan masyarakat dengan pelayanan disesuaikan pelanggan. Bukan hanya itu saja dalam aplikasi ojek online ini juga menawarkan jasa pembelian tiket kereta api, pembayaran listrik dan air atau pembayaran pajak.

Ojek online ini juga menjadi penunjang dalam perekonomian masyarakat. Masyarakat yang bekerja menjadi driver ojek online akan mendapatkan penghasilan tambahan dengan memanfaatkan kendaraan dan smartphone yang mereka miliki. Dengan kemajuan teknologi informasi dari aplikasi ojek online ini akan mempermudah driver dalam menerima dan menyelesaikan orderan, diharapkan adanya layanan transportasi berbasis aplikasi online ini akan membuat driver ojek online dapat lebih produktif dan berpenghasilan. Meningkatnya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan driver ojek online dapat menjadi alternatif pekerjaan kepada masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan tetap dengan menjadi driver ojek online, dimana pekerjaan ini tidak terikat oleh jam kerja dan Jumlah pendapatan yang bergantung pada jumlah order yang diselesaikan.

Selain melakukan riset juga melakukan analisa melalui wawancara kepada salah satu driver ojol bernama Dedi Aprianto dalam sehari biasanya dia mendapatkan penghasilan 100.000 sampai 150.000 pada saat wawancara beliau juga mengatakan bahwa "saya perhari biasanya mendapatkan 100.000 sampai 150.000" lanjut kata si ojol tersebut "Sesibuk apapun jangan sampai untuk menolak pelanggan karena kami sebagai ojol pun juga pernah merasakan di mana ditipu oleh pelanggan". Maka dari itu dengan adanya ojek online ini dapat membantu masyarakat dalam segala aspek kehidupan dengan adanya ojek online memberikan dampak positif kepada driver maupun pengguna dan juga merasakan manfaat yang diberikan.

------------------

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Ojek Online Menjadi Alternatif selain Ojek Pangkalan dan Menunjang Perekonomian Masyarakat", Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/maghfirohizzanimaulania0956/6298b4cbce96e52355631192/ojek-online-menjadi-alternatif-selain-ojek-pangkalan-dan-menunjang-perekonomian-masyarakat

Kreator: Maghfiroh Izzani Maulania
 

Kompasiana adalah platform blog, setiap konten menjadi tanggungjawab kreator.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar