Meriahnya Festival Pacu Pompong di Kuala Patah Parang

Meriahnya Festival Pacu Pompong di Kuala Patah Parang

Porospro.com - Festival Pacu Pompong (perahu kayu) resmi dibuka pada Minggu (28/8/2022). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang rutin di gelar masyarakat Desa Kuala Patah Parang, Kecamatan Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir, Riau saat memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Festival Pacu Pompong yang menjadi kebanggaan Desa Kuala Patah Parang itu nampak memberi semangat baru bagi masyarakat di sana untuk terus melestarikan agenda tahunan tersebut setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19. 

Festival Pacu Pompong rutin digelar sejak 2014 lalu. Ide perlombaan dengan memanfaatkan pompong yang merupakan transportasi nelayan sebagai alat perlombaan diinisiasi oleh M Akil salah seorang masyarakat di Desa Kuala Patah Parang. 

Menurutnya, festival pacu pompong secara tidak langsung dapat memberi kesadaran kepada masyarakat nelayan untuk terus memelihara pompong mereka sebagai sumber mata pencarian seorang nelayan.

“Pada perlombaan ini kan yang kita nilai laju pompong saat dikendarai serta penampilan pompong itu sendiri mulai dari warna, keunikan bentuknya. Tentunya sesuai aturan yang ditetapkan,” ucapnya.

Dengan demikian lanjutnya, masyarakat yang ikut berlomba sudah seharusnya mempercantik tampilan pompong mereka serta memelihara kondisi mesin pada pompong tersebut agar bisa melaju dengan cepat dan unggul dari peserta lainnya.

Animo masyarakat cukup tinggi untuk mengikuti festival pacu pompong, hal ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang mendaftar yakni 24 peserta yang berasal dari kabupaten tetangga seperti Mendahara dan Kuala Tungkal dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat, serta dari desa lainnya yang ada di Inhil seperti desa Sungai Laut, Sungai Batang, Desa Pulau ruku dan desa Belantaraya.

Tampak ribuan masyarakat memadati pelantar dan dermaga di tepian sungai. Tidak sedikit pula masyarakat memilih duduk dalam kendaraan air milik mereka yang terparkir di sejumlah dermaga.

Pertunjukan yang disajikan para peserta juga mendapat respons positif dari pejabat yang hadir kala itu. (Advertorial)

Penulis: Adriah

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar