Pemkab Labuhanbatu Gelar Rapat Tentang Sinkronisasi Pengembangan Kawasan Berbasis THIS Tahun 2022

Pemkab Labuhanbatu Gelar Rapat Tentang Sinkronisasi Pengembangan Kawasan Berbasis THIS Tahun 2022

Porospro.com - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) gelar rapat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tentang Sinkronisasi Pengembangan Kawasan Berbasis Tematik, Holistik, Integratif, dan Spasial (THIS) Kabupaten Labuhanbatu tahun 2022 secara Zoom Meeting di Ruang Rapat Bupati. Kamis (29/10/2022).

Potensi sumber daya alam dan sumber mata pencaharian penduduk Kabupaten Labuhanbatu dominan ada pada sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan. Pengelolaan sektor-sektor unggulan di Kabupaten Labuhanbatu masih bersifat Parsial sehingga belum memberikan dampak signifikan bagi Pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan produk unggulan secara terintegrasi diharapkan dapat meningkatkan keragaman biodiversity pada satu lokasi/kawasan sehingga berdampak terhadap efisiensi sumberdaya, peningkatan nilai tambah serta mendukung siklus energi yang ramah lingkungan (zero waste) serta mendorong terciptanya ekonomi kreatif (pariwisata, Koperasi,UMKM) didukung oleh pemanfaatan teknologi informasi. Penegembangan potensi wilayah pesisir Kabupaten Labuhanbatu yang masih dapat dioptimalkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang disertai dengan penyediaan infrastruktur yang memadai.

Kepala Balitbang Zuhri,SE pada Rapat tersebut mengatakan kegiatan rapat ini adalah untuk melaksanakan optimalisasi pelaksanaan pendapatan PLTS yang sudah ada di Desa Sei Nahodaris. Desa-desa yang berpotensi melaksanakan pendapatan ini terus kita dorong sehingga potensi yang ada di desa ini bisa kita manfaatkan.

Oleh karena itu kita harapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bisa bersinergi dengan apa yang kita rencanakan di 6 Desa ini, dan semoga desa-desa yang kita canangkan untuk desa berinovasi ini nantinya bisa mendapatkan bantuan dari Provinsi Sumatera Utara untuk meningkatkan potensi-potensi yang ada di desa tersebut sehingga dapat terwujud dan terlaksana dengan baik”ujarnya.

Selain desa Nahodaris, desa yang termasuk dalam rencana Pencanangan Kawasan  Desa Berinovasi yakni Desa Sei Siarti, Desa Selat Beting, Desa Sei Pelancang, Bagan Bilah, dan Desa Sei Rakyat.

Tampak hadir mengikuti rapat tersebut Kepala Bidang Bappeda Rusdi, Mewakili Bappedasu Sry Puspa Sary, Mewakili Dinas ESDM Provsu Paulus, Kepala Desa Sei Siarti, Kepala Desa Selat Beting, Kepala Desa Sei Pelancang, Kepala Desa Bagan Bilah, Kepala Desa Sei Nahodaris, Kepala Desa Sei Rakyat, Mewakili Dinas Kominfo dan Peserta Lainnya. (jerri)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar