Hari Stroke Sedunia, RSUD Puri Husada Tembilahan Gelar Kegiatan Kesehatan Guna Meminimalisir Gejala Stroke Secara Dini

Hari Stroke Sedunia, RSUD Puri Husada Tembilahan  Gelar Kegiatan Kesehatan Guna Meminimalisir Gejala Stroke Secara Dini

Porospro.com, -  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada Tembilahan , pada Kamis (03/11/2022) mengadakan penyuluhan tentang penyakit stroke kepada pengunjung Rumah Sakit.

Adapun kegiatan ini dilakukan RSUD Puri Husada Tembilahan dalam rangka memperingati Hari Stroke Sedunia yang jatuh pada 29 Oktober 2022 lalu.

Kegiatan ini diselenggarakan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) bekerjasama dengan Rumah sakit Gajah Mada Tembilahan.

Mereka yang terlibat tersebut, secara bergantian menyampaikan penyuluhan tentang pentingnya pengetahuan deteksi dini pada orang yang terkena stroke ringan, supaya secepatnya bisa ditangani. 

Tujuan diadakannya kegiatan penyuluhan ini agar seluruh lapisan masyarakat mengetahui gejala serangan stroke secara dini.

Selain itu dalam rangka Hari Stroke Sedunia, PKRS Puri Husada juga mengadakan kegiatan senam otak, penyuluhan kesehatan ttg stroke oleh dr. Muhammad Iqbal, Sp.N, Fisioterapi utk penderita stroke oleh Ftr. Sandra Lolita PC, SST.Ft, pemberian cinderamata

Dalam penyampaiannya dr. Muhammad Iqbal, Sp.N berpesan jangan pernah membiarkan gejala stroke yang dirasakan dibiarkan begitu saja.

Ia juga menjelaskan beberapa kasus yang pernah ditangani selalu sudah dalam keadaan terlambat, jadi untuk penanganannya juga akan sedikit sulit untuk menuju penyembuhan total.

“Di Indonesia 80 persen masyarakat tidak mengetahui gejala penyakit stroke, akibatnya masyarakat sering terlambat membawa penderita stroke berobat ke RS. Gejala Stroke Sumbatan dikenal dengan singkatan SEGERA KE RS yaitu SEnyum tidak simetris, GErakan tangan dan kaki menjadi lemah, dan bicaRA menjadi pelo/sulit berbicara/bicara tidak nyambung/ tidak mengerti kata-kata. Dan gejala lain dari serangan stroke yaitu Kebas/ baal-baal seisi tubuh. Rabun/ gangguan penglihatan. Sempoyongan/ Vertigo/Pusing berputar/ Gerakan sulit dikoordinasikan. Gangguan menelan, gangguan daya ingat. Gejala SEGERA KE RS terjadi pada satu sisi tubuh dan secara mendadak,” jelasnya.

Lanjutnya, Semoga dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi langkah awal kita untuk meminimalisir terjadinya struk.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar