Dinas PMD Inhil Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen BUMDesa Dengan Klasifikasi Berkembang dan Maju di Dua Desa

Dinas PMD Inhil Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen BUMDesa Dengan Klasifikasi Berkembang dan Maju di Dua Desa

Porospro.com, - Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Inhil menggelar pelatihan peningkatan kapasitas manajemen BUMDesa dengan Klasifikasi Berkembang dan Maju di kecamatan Kateman dan Batan Tuaka 2022 di hotel Harmoni, Tembilahan, Senin (7/11/22).

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk meningkatkan kemampuan kapasitas manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Inhil dalam mengelola keuangan Desa.

Kepala DPMD Kabupaten Inhil yang di wakili Sekretaris DPMD Budi N Pamungkas mengatakan pengelolaan keuangan menjadi hal penting dan wajib ada pada BUMdes. Kemudian pada laporan keuangan akan terlihat keuntungan (laba) dan kerugian yang menjadi evaluasi perkembangan BUMDesa kedepannya.

"Pembuatan laporan keuangan juga menjadi kewajiban pengelolaan BUMDes yang termuat pada peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa. Karena laporan perkembangan BUMDes ini juga harus dilaporkan ke masyarakat desa melalui musyawarah desa. Dengan demikian, hal ini perlu menjadi perhatian serius bagi peserta yang mengikuti Bimtek ini karena pentingnya pengelolaan dana pada BUMDes," ucapnya.

Kemudian, Sekretaris DPMD menyebutkan sangat mengapresiasi desa -desa yang telah hadir dalam pelaksanaan Bimtek aplikasi sia Bundes ini. Karena ini merupakan salah satu upaya untuk mempermudah dan mengefektifkan penyusunan laporan BUM Desa yang berbasis digital.

"Dengan adanya kegiatan Bimtek di harapkan bisa meminalisir kesalahan dalam penghitungan pada laporan keuangan BUM Desa. Kemudian aplikasi yang digunakan ini mudahan-mudahan bisa menjawab semua permasalahan kawan kawan yang ada di BUMDes terutama mengenai laporan keuangan BUMDes," imbuhnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar