DP2KBP3A Inhil Gelar Pelatihan Kepemimpinan Bagi Perempuan

DP2KBP3A Inhil Gelar Pelatihan Kepemimpinan Bagi Perempuan

Porospro.com, Inhil - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menggelar pelatihan kepemimpinan bagi perempuan di Kecamatan Tembilahan Gedung Wanita Jalan Sungai Beringin Tembilahan, Jum'at (18/11/22).

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Inhil R Arliansyah mengatakan, dalam upaya mewujudkan kesejahteraan dan keadilan gender di Kabupaten Inhil hal yang menjadi perhatian saat ini adalah partisipasi perempuan untuk ikut serta dalam pengembangan daerah.

Mengingat jumlah penduduk perempuan yang tidak banyak, merupakan suatu potensi besar untuk kemajuan pembangunan jika diberdayakan dan diberi kesempatan yang sama dengan laki-laki.

"Masalahnya sekarang adalah bagaimana peluang yang ada dapat dimanfaatkan sehingga kesempatan perempuan untuk berkiprah dalam segala aspek kehidupan dapat lebih meningkat di masa mendatang," tuturnya.

Lebih lanjut, faktor utama yang menyebabkan terjadinya ketertinggalan perempuan dari laki-laki justru disebabkan oleh ketidakmampuan perempuan itu sendiri. Antara lain masih rendahnya pendidikan perempuan dibandingkan laki-laki pada umumnya. 

Padahal pemerintah sudah memperhatikan kepentingan laki-laki maupun perempuan dengan menerbitkan instruksi presiden Nomor 9 tahun 2000 di mana dalam instruksi tersebut ditekankan agar seluruh lembaga kementerian pemerintah pusat atau daerah untuk memperhatikan kepentingan laki-laki dan perempuan dalam seluruh sektor kehidupan agar memperoleh akses yang sama.

"Dengan adanya pelatihan kepemimpinan bagi perempuan ini diharapkan kepada seluruh peserta nantinya dapat meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemimpinan, peningkatan kemampuan dan kualitas kepemimpinan bagi perempuan dalam sebuah organisasi atau kelembagaan memberikan pemahaman akan pentingnya peran berorganisasi sebagai bentuk peningkatan kualitas perempuan," pungkasnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar