Perajin di Inhil sulap upeh kelapa jadi ikat kelapa bernilai jual tinggi

Perajin di Inhil sulap upeh kelapa jadi ikat kelapa bernilai jual tinggi

Porospro.com - Dijuluki sebagai Kabupaten dengan potensi perkebunan kelapa terluas di dunia, tidak heran jika Kabupaten Indragiri Hilir, Riau memiliki banyak kerajinan berbahan dasar kelapa dan turunanannya.

Tingginya potensi perkebunan di Inhil ini pula menuntut kreativitas para perajin lokal dalam menghasilkan karya-karya seni berbahan dasar kelapa.

Erwin, salah seorang pengrajin asal Kecamatan Mandah, menunjukkan kreativitasnya dengan menyulap upeh atau pelepah kelapa menjadi ikat kepala yang unik.

Keunikan itu pula menarik hati Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Pekanbaru belum lama ini.

Ronny Suhendra Bidang Promosi Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) Kabupaten Indragiri Hilir, mengatakan Ikat kepala berbahan dasar upeh kelapa itu pula bahkan dibawa ke Jakarta oleh Menteri sebagai buah tangan.

Tidak hanya Mentri Sandiaga Uno terlihat juga mengenakan ikat kepala berbahan dasar pelepah kelapa tersebut Gubernur Riau, Syamsuar dan sejumlah pejabat Riau lainnya.

Mungkin menurutnya ikat kepala ini sangat unik,” cerita Ronny.

Rony menjelaskan meski menyerupai tanjak, pada dasarnya ikat kepala berbeda dengan tanjak. hal ini karena ada sudut pandang yang berbeda untuk penamannya hingga sekarang ini.

“Untuk saat ini cuma disebut ikat kepala, berdasarkan intruksi Bupati agar ikat kepala ini di daftarkan ke HAKI,” beber Ronny. (Advertorial)

Penulis: Adriah

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar