Perajin di Inhil Hasilkan Berbagai Karya Seni dari Batok Kelapa

Perajin di Inhil Hasilkan Berbagai Karya Seni dari Batok Kelapa

Porospro.com - Kabupaten Indragiri Hilir, Riau dikenal kaya akan hasil perkebunan seperti kelapa sawit dan lain sebagainya.

Sebagai daerah perkebunan kelapa terluas tentunya banyak hasil turun kelapa yang bisa diolah menjadi hasil kerajinan, salah satunya nya kerajinan batok kelapa.

Ketua Bidang Promosi Dekranasda Inhil, Roni Suhendra mengatakan, dari batok kelapa banyak pengrajin mengolah menjadi karya senin yang bernilai seperti pembuatan gelas, mangkok, asbak rokok hingga barang-barang dengan nilai seni tinggi.

“Hasil kerajinan batok kelapa ini sering kami bawa di setiap Ivent-iven besar, selalu ada peminatnya,” jelas Roni.

Hasil kerajinan dari batok kelapa bisa kamu jumpai di shoroom Dewan Kesenian Daerah (Dekranasda) Kabupaten Indragiri Hilir, di Jalan Baharuddin Yusuf, Tembilahan.

Batok kelapa selain digunakan masyarakat Indragiri Hilir sebagai bahan bakar tempurung kelapa untuk keperluan mereka sehari-hari sudah juga dibuat sebagai arang dan berikut batok kelapa untuk keperluan memasak di rumah.

Perkembangan kerajianan batok kelapa di Indragiri Hilir belum begitu mendapat respon yang positif dari masyarakat karena masih kuatnya persaingan dengan produksi plastik dan produk-produk berbahan lainnya. (Advertorial)

Penulis: Adriah

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar