Perajin di Inhil hasilkan furniture mewah berbahan dasar pohon kelapa

Perajin di Inhil hasilkan furniture mewah berbahan dasar pohon kelapa

Porospro.com - Selain berjuluk negeri seripu parit, Kabupaten Indragiri Hilir, juga dikenal sebagai negeri Hamparan Kelapa Dunia, tingginya potensi perkebunan kelapa di Inhil menjadikan Inhil kaya akan kerajinan berbahan dasar kelapa, salah satunya furnitur.

berbagai jenis kerajinan daaerah berbahan dasar kelapa bisa dijumpai di shoroom Dekranasda Kabupaten Indragiri Hilir, seperti meja makan, pembatas, meja  bundar, kursi, bingkai, lemari, meja teras dan meja tamu.

Salah satu yang menarik adalah furnitur dari pohon kelapa. 

Dijelaskan Ronny Suhendra, mebel yang tersedia di Shoroom Dekranasda berbahan utama kayu dari pohon kelapa yang dibuat oleh pengrajin mebel di Tembilahan tanpa mengunakan paku.

“Untuk mabel kelapa dekranas bekerja sama dengan bang Saleh salah satu pengrajin mebel kelapa, alamat mebelnya di dekat sebelah pengusaha muslim, di jalan Baharuddin Yusuf, Tembilahan,” sebut Ronny Pengurus Dekranasda Inhil.

Lanjut Ronny dalam proses pembuatnya, kayu pohon kelapa direndam selama kurang lebih 6 bulan guna mendapatkan kayu yang lebih kuat dan serat kayu yang timbul.

“Direndam itu untuk mendapatkan batang kelapa yang kuat dan serat yg timbul,” ungkap Ronny.

Sementara itu untuk harga, mebel dari kayu pohon kelapa di patok mulai dari 1 juta hingga 5 juta rupiah, tergantung mebel

Disebutkan Ronny salah satu kelebihan mebel dari bahan kayu pohon kelapa memiliki serat kayu, lebih kuat dan terlihat cantik. (Advertorial)

Penulis: Adriah

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar