Kepala Disdagtri Inhil Berharap Sinergi Pengembangan IKM Semakin Terukur

Kepala Disdagtri Inhil Berharap Sinergi Pengembangan IKM Semakin Terukur
Kepala Disdagtri Inhil, Dhoan Dwi Anggara

Porospro.com - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) berharap program pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) semakin terarah dan terukur.

"Apa yang diprogramkan harus disinergikan. Memang kalau sisi pemanfaatan masih perlu pengembangan. Mudahan sinergi kita semakin terarah dan terukur," kata Kadisdagtri Inhil, Dhoan Dwi Anggara.

Sebagaimana diketahui, Disdagtri Inhil saat itu turun langsung mengkaji potensi sejumlah IKM lebih luas bersama BPPSI dan seorang akademisi Unri. Dalam sehari, mereka melihat langsung aktifitas pelaku IKM di Kecamatan Tembilahan, Kecamatan Gaung Anak Serta (GAS), dan Kecamatan Kempas.

Menurutnya, IKM ini merupakan salah satu sektor penggerak ekonomi nasional berbasis kerakyatan. Terlebih lagi jika para pelaku IKM membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya yang masih kental nuansa kekeluargaan.

Disamping itu, IKM juga merupakan produk unggulan daerah yang menjadi tolak ukur dan representasi industri nasional di pasar global. Namun tetap mengutamakan ciri khas keunikan karakteristik daerah masing-masing, begitu juga untuk di wilayah Kabupaten Inhil. Termasuklah memanfaatkan sumber daya lokal, baik SDM maupun SDA.

Sejumlah titik IKM yang ditinjau itu adalah produksi industri dari Kelapa (Gula Merah, Gula Juruh), Sagu (Kue Bakak/Bakak Sagu), dan Ikan (Amplang) dan lain sebagainya.

"Kita berharap juga, pembahasan ini akan berkelanjutan untuk dikesempatan waktu berikutnya," pungkasnya. (Advertorial)

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar