Tiga Tokoh Jawa yang Punya Kans di Pilkada Inhil 2024

Tiga Tokoh Jawa yang Punya Kans di Pilkada Inhil 2024
Kolase: Achmad Mulyadi, RM Sudinoto, dan Samino.

Porospro.com - Gemericik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sudah mulai terlihat. Meski Pilkada rencananya masih akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang, namun riak-riak dukungan kepada para tokoh masyarakat sudah mulai bermunculan, mulai dari warung kopi hingga media sosial.

Ada 3 nama tokoh masyarakat Jawa di Kabupaten Inhil yang disebut-sebut layak diperhitungkan untuk menjadi salah satu calon peserta Pilkada Inhil pada 2024 mendatang.

1. Samino
Yang pertama ada nama Samino S.TP M.Si yang diketahui merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Inhil periode 2019-2024.

Selain berkiprah di dunia politik, nama Samino juga masuk dalam jajaran elit tokoh Jawa Inhil karena menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Bahkan, dalam karir politik Samino juga tidak bisa dianggap enteng karena menduduki posisi sebagai Ketua Fraksi PDI-P dan Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Inhil Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan Rakyat.

Samino bahkan sudah menjalin komunikasi kepada beberapa tokoh masyarakat lainnya dalam menjajaki Pilkada 2024 seperti dirinya pernah berkomunikasi dengan H Said Syarifuddin selaku Mantan Sekda Inhil yang saat ini berkarir menjadi ASN di Kota Pekanbaru Provinsi Riau serta beberapa tokoh lainnya.

Dari keterangan salah satu Wakil Ketua DPC PDIP Inhil juga sudah mengisyaratkan jika sejauh ini pengurus mulai dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan, anak ranting, hingga ranting di internal PDIP solid untuk mendukung Samino untuk ikut berkompetisi di Pilkada 2024.

2. Sudinoto
Nama tokoh Jawa Inhil selanjutnya adalah Raden Mas (RM) Sudinoto SP MM. Sudinoto saat ini diketahui sebagai Ketua Paguyuban Masyarakat Jawa Indragiri Hilir atau Pamaji.


Lewat Pamaji, Sudinoto kerap eksis di beberapa iven suku Jawa di Kabupaten mulai dari kegiatan Grebeg Suro hingga penampilan Kuda Lumping atau Kuda Kepang serta Reog dan lainnya.

Dalam dunia birokrasi, nama Sudinoto juga cukup cemerlang diantaranya pernah menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Inhil, Camat Tembilahan, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) serta Camat Kempas Kabupaten Inhil.

Selain itu RM.Sudinoto juga masih menjabat sebagai Ketua PWRI dan Kerta Wiredatama Cabang Kabupaten Indragiri Hilir Periode 2020-2025.

3. Achmad Mulyadi
Nama tokoh Jawa yang Ketiga adalah Achmad Mulyadi SKm M.Si. Nama Achmad Mulyadi muncul sebagai Sekretaris Ikatan Keluarga Jawa Riau (IKJR) Kabupaten Inhil periode 2019-2024.

Achmad Mulyadi sering disebut-sebut sebagai representasi dari kalangan muda milenial yang aktif di Birokrasi Pemerintahan dan berbagai organisasi sosial kemasyarakatan lainnya.

Hal tersebut bukan hanya bualan kosong belaka karena saat ini Achmad Mulyadi juga menjabat sebagai Korwil Disnakertrans Riau Wilayah IV meliputi Kabupaten Inhil, Inhu dan Kuansing dimana sebelumnya dirinya menjabat sebagai Kepala Satuan Pelaksana Wilayah Disnakertrans Provinsi Riau serta pernah menjadi Lurah Tembilahan Kota di Kabupaten Inhil.

Dari sisi olahraga, nama Achmad Mulyadi juga mulai bersinar karena menjabat sebagai Ketua Persatuan Olahraga Domino Indonesia (Pordi) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Sementara untuk urusan agama dan kemaslahatan umat, Achmad Mulyadi saat ini didapuk sebagai Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Inhil serta Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Inhil.

Meski memiliki Background Suku Jawa, namun Achmad Mulyadi juga dipercaya menerima mandat sebagai Datuk Panglima Muda DPD Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Hal ini menegaskan jika dirinya bisa merangkul dan dirangkul berbagai lintas suku untuk bersatu memberikan kontribusi nyata kepada Kabupaten Indragiri Hilir. rls

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar