Peringati HUT BPOM ke 22, Loka POM di Kota Dumai Laksanakan KIE Bagi Masyarakat

Peringati HUT BPOM ke 22, Loka POM di Kota Dumai Laksanakan KIE Bagi Masyarakat
Dalam rangka peringatan HUT BPOM yang ke-22 tahun 2023, Loka POM di Kota Dumai melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi

Porospro.com - Dalam rangka peringatan HUT BPOM yang ke-22 tahun 2023, Loka POM di Kota Dumai melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi dengan tema “Ibu Cerdas Memilih Pangan Aman Kunci Keluarga Sehat”. Acara dilaksanakan di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Dumai pada hari Minggu, 12 Februari 2023.

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Dumai Syahrinaldi, S.Sos., M.Si. Pada kegiatan tersebut Kepala Loka POM di Kota Dumai Ully Mandasari, S.Farm. Apt. M.H juga menyampaikan sambutannya dan menjadi narasumber “Cerdas Menjaga Keamanan Pangan dan Cermat Menghadapi Hoax Pangan”.

Dalam sambutannya Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Dumai menyampaikan program KIE oleh BPOM adalah salah satu strategi untuk mensosialisasikan keamanan pangan agar masyarakat mampu melindungi diri, keluarga dan masyarakat sekitar terhadap konsumsi produk pangan yang tidak aman dan berisiko terhadap kesehatan. 

Kepala Loka POM di Kota Dumai menyampaikan Kemajuan teknologi telah membawa perubahan-perubahan yang cepat dan signifikan pada industri farmasi, obat asli Indonesia, makanan, kosmetika dan alat kesehatan. Dengan dukungan kemajuan teknologi transportasi dan entry barrier yang makin tipis dalam perdagangan internasional, maka produk-produk tersebut dalam waktu yang amat singkat dapat menyebar ke berbagai negara dengan jaringan distribusi yang sangat luas dan mampu menjangkau seluruh strata masyarakat. Untuk itu Indonesia harus memiliki Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SisPOM) yang efektif dan efisien yang mampu mendeteksi, mencegah dan mengawasi produk-produk termaksud untuk melindungi keamanan, keselamatan dan kesehatan konsumennya baik di dalam maupun di luar negeri. 

“Kegiatan KIE yang kami lakukan hari ini sebagai salah satu langkah sinergi BPOM dengan tiga pilar pengawasan yakni pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. Sinergi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, pelaku usaha, akademisi, masyarakat, dan media sangat diperlukan untuk memberikan perlindungan kesehatan masyarakat dan peningkatan daya saing bangsa melalui obat dan makanan aman. BPOM terus mengembangkan kegiatan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) bagi stakeholder dan masyarakat. KIE dilaksanakan tidak hanya sebagai sarana peningkatan literasi dan pengetahuan, tetapi juga penyamaan persepsi dan pemahaman berbagai pihak tentang fungsi pengawasan obat dan makanan di Indonesia.” Kata Ibu Kepala Loka POM di Kota Dumai dalam sambutannya.

Selain penyampaian materi KIE dari narasumber, juga terdapat lomba mewarnai, lomba rangking 1 dan quiz berhadiah lainnya yang diikuti oleh perwakilan TK sekota Dumai, pelajar SMA/K sekota Dumai, Kader Puskesmas sekota Dumai, SAKA POM dan masyarakat umum. Selain itu juga terdapat pemeriksaan kesehatan gratis, layanan konsultasi terkait obat, penyebaran infomasi dan media edukasi terkait obat ke masyarakat selama acara berlangsung oleh PC IAI Dumai dan donor darah oleh PMI Dumai. Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut karena dapat menambah wawasan seputar obat dan makanan serta berharap kegiatan serupa akan diadakan kembali.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar