Terkait Lakakerja di PT SDO, Ini Kata Kabid Pengawas Disnakertrans Provinsi Riau

Terkait Lakakerja di PT SDO, Ini Kata Kabid Pengawas Disnakertrans Provinsi Riau

Porospro.com - Kecelakaan kerja (laka kerja) di area Apical Dumai kembali terjadi, peristiwa tersebut diketahui terjadi di PT Sari Dumai Oleo (PT SDO).

Beredar Kabar, Korban yang berinisial NI itu terjatuh dari ketinggian pada Senin (30/1).

Menanggapi hal tersebut, Awak media mencoba mengkonfirmasi Kabid pengawas Disnakertrans Provinsi Riau Rival Lino melalui sambungan telepon via WhatsApp, (16/2).

Ia mengatakan, kejadian tersebut memang benar terjadi, namun saat ini korban sudah kembali bekerja seperti biasa, namun untuk penempatan tidak di lapangan melainkan di Warehouse.

"Kejadian tersebut memang terjadi, namun saat ini, terhitung dari tanggal 7 Februari kemarin, korban sudah mulai aktif bekerja, untuk penempatan posisi, korban ditugaskan di bagian warehouse," Kata Rival.

Rival menambahkan, setelah dilakukan pengecekan oleh timnnya di lapangan, korban bukan terjatuh melainkan terpeleset dari ketinggian sekitar 55 Centimeter.

"Sebenarnya korban terpeleset dari ketinggian 55 Centimeter saja, karena itu, korban mengalami pergeseran tulang di bagian tangan kirinya," tuturnya.

Ditambahkan lagi, menurutnya, untuk prosedur keamanan atau Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan telah memenuhi standar, kejadian tersebut murni unsafe action.

"Laporan dari tim kami mengatakan bahwa untuk APD yang digunakan sudah sesuai dengan standar yang berlaku, kejadian yang terjadi merupakan peristiwa unsafe action yang mungkin saja terjadi karena pekerja dalam keadaan kelelahan ataupun dalam keadaan yang kurang fit," tambahanya.

Kabid ini menjelaskan, Untuk penanganan selama di rumah sakit, korban sudah tercover dengan BPJS ketenagakerjaan yang dimilikinya.

"Selama menerima perawatan di Rumah Sakit, korban sudah tercover dengan BPJS ketenagakerjaan yang dimilikinya," Terang Kabid tersebut.

Diakhir pembicaraan, Rival Lino berharap agar seluruh pekerja yang bekerja di perusahaan baik itu perusahaan induk maupun subkon agar selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan dirinya masing-masing.

"Terkadang pekerja kita sudah menggunakan dan menerapkan prosedur yang tepat dalam bekerja, namun karena kondisi mungkin kesehatan kurang baik maka hal-hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi, oleh sebab itu, kami berharap kita semua dapat terus menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita masing-masing," Ujarnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar