Sertu M Aslim Lubis Laksanakan Giat Cegah Karhutla

Sertu M Aslim Lubis Laksanakan Giat Cegah Karhutla

Porospro.com - Pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2023, Koramil PWK 04 melalui Babinsa Kelurahan Guntung Sertu M. Aslim Lubis bersama warga melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla di Jalan Sri Lestari RT.03 Kelurahan Guntung Kecamatan Medang Kampai. 
 
Kegiatan patroli dilakukan secara langsung dengan menyisir areal perkebunan masyarakat dan lahan kosong semak belukar milik masyarakat.
 
Kegiatan patroli ini merupakan salah satu upaya pencegahan Karhutla secara rutin dengan terus memonitoring lahan yang dianggap rawan terjadinya Karhutla. 
 
"Tujuan dari patroli adalah untuk mendeteksi sejak dini lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya Karhutla serta berfungsi sebagai monitoring titik api di lahan rawan Karhutla," Katanya.
 
Selain patroli, kegiatan sosialisasi Karhutla juga dilakukan dalam rangka menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran. Mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan tidak dengan cara membakar terhadap lingkungan yang ada.
 
Pelaksanaan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla ini sebagai wujud implementasi dari kebijakan dan instruksi pimpinan dalam atensinya menjaga wilayah dari Karhutla yang sangat membahayakan bagi kelangsungan ekosistem dan kehidupan di sekitarnya.
 
Kegiatan berjalan aman dan lancar, serta tidak ditemukan titik api dan titik asap selama patroli dilakukan. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pencegahan Karhutla yang dilakukan oleh Koramil PWK 04 bersama Babinsa Kelurahan Guntung dan warga telah berhasil dilakukan dengan baik.
 
Dalam kesempatan tersebut, Sertu M. Aslim Lubis juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan serta memberikan informasi tentang nomor darurat yang dapat dihubungi apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut.
 
Diharapkan kegiatan patroli dan sosialisasi Karhutla yang dilakukan oleh Koramil PWK 04 bersama Babinsa Kelurahan Guntung dan warga dapat menjadi contoh bagi wilayah lain untuk terus memperhatikan dan menjaga lingkungan sekitarnya agar terhindar dari kebakaran hutan dan lahan yang berbahaya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar