Tampil Jadi Narasumber di Lombok Barat, Moh Rouf Azizi Bahas Literasi Dakwah di Dunia Digital

Tampil Jadi Narasumber di Lombok Barat, Moh Rouf Azizi Bahas Literasi Dakwah di Dunia Digital
Moh Rouf Azizi saat membahas literasi dakwah

Porospro.com - Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Indragiri Hulu, Moh Rouf Azizi, S.Pd.I., CPHR., CH., CHt., MHt tampil sebagai Narasumber dalam webinar literasi digital ”Makin Cakap Digital” bagi komunitas digital di Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (2/3/2023) siang. Pria yang akrab disapa Aziz ini memaparkan materi dengan tema "Literasi Dakwah di Dunia Digital".

Dalam pemaparannya, Aziz mengatakan bahwa, dakwah di ruang digital kini telah menjadi pilihan para pendakwah. Penggunaan metode dakwah digital umumnya dilakukan melalui media digital seperti internet, media sosial, aplikasi seluler, dan lainnya.

”Dengan metode ini, pemanfaatan teknologi digital untuk menjangkau khalayak menjadi lebih luas, serta memudahkan proses komunikasi dengan mereka,” ujar Aziz.

Kemudian, dalam paparannya, Alumni Pondok Pesantren Darussalam Mekar Agung, Jawa Timur ini juga menyarankan para pendakwah untuk selalu menyampaikan materi secara santun. Yakni, dengan cara berbicara yang sopan, mendengarkan pandangan orang lain, berbicara dengan fakta dan argumen jelas, menghindari pemaksaan, berbicara dengan kesabaran, tidak menghakimi, serta memberikan contoh yang baik.

Pegiat Literasi Digital Indonesia ini menambahkan, strategi dan metode berdakwah di era digital mestinya selalu berhusnuzhan dan berusaha merangkul semua pihak, termasuk dengan mereka yang berbeda pandangan. 

”Selain itu, memahami obyek berdakwah, melakukan studi banding dari banyak sumber, rendah hati dan tidak membenci, serta menghindari kepentingan sesaat dalam berdakwah,” jelas Aziz yang juga merupakan CEO Media Siber RiauKarya.com ini.

Diketahui, sejak dua tahun silam, Kemenkominfo aktif menyelenggarakan program nasional untuk meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024. Program Indonesia #MakinCakapDigital membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Tahun ini, program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) mulai dilaksanakan Kemenkominfo sejak 27 Januari 2023. Program yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta. rls

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar