Ternyata, MG ZS Punya Varian Full-Electric

Ternyata, MG ZS Punya Varian Full-Electric

Porospro.com - MG ZS menjadi produk pertama MG Motor Indonesia. Mobil SUV ini telah dirilis secara virtual pada Selasa kemarin (24/3/2020) lantaran pandemi Covid-19 atau virus corona yang melanda Indonesia.

Sebenarnya, MG ZS bukanlah produk yang benar-benar baru. Pesaing KIA Seltos dan Honda HR-V ini telah lebih dulu untuk pasar otomotif global, seperti China, Australia, dan India.

Menariknya, MG ZS ternyata memiliki varian full-electric yang disebut sebagai MG ZS EV (Electric Vehicle) di India.

Bahkan, MG Motor tak memasarkan varian bensin untuk pasar otomotif Negeri Bollywood.

Secara fisik tak ada perbedaan yang signifikan antara MG ZS EV dengan MG ZS bensin versi Indonesia.

Sektor depannya memiliki LED DRL dan projector-headlight yang mengapit gril besar. Hanya saja, di bagian bawah tak terdapat foglamp.

Untuk memperkental tampilannya sebagai mobil listrik, MG ZS EV memiliki logo yang bisa menyala biru ketika mengisi ulang daya baterai.

Selain itu, desain peleknya juga berbeda dengan bilah mirip baling-baling kincir angin Belanda.

Interiornya pun masih sama, memiliki konfigurasi bangku 2 baris berkapasitas 5 penumpang dan panoramic-sunroof yang membuat kabin menjadi lebih lega. Namun, ada yang berbeda pada instrumen panelnya.

Pada MG ZS EV, lingkar instrumen panel sebelah kanan tidak menunjukkan putaran mesin.

Komponen tersebut justru menampilkan daya yang dikeluarkan baterai saat mobil melaju, serta kapasitas yang tersisa.

Pembeda lain ialah hadirnya fitur KERS (Kinetic Energy Recovery System) 3 Level. Seperti namanya, sistem ini mampu mengoptimalkan proses pengubahan tenaga yang terbuang saat pengereman untuk mengisi ulang daya baterainya.

MG ZS EV pun lebih kaya fitur. Mobil SUV listrik ini memiliki Electric Parking Brake (EPB), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Rain Sensing Front Wipers, cruise-control, electronic gear-shift knob, voice-command, dan head-unit yang terhubung ke internet.

Terlahir sebagai mobil listrik, MG ZS EV dibekali baterai 44,5 kWh yang menyokong motor bertenaga 143 ps dan torsi 353 Nm.

Jarak tempuhnya bisa mencapai 340 km dengan durasi pengisian daya 0-80% hanya dalam 43 menit.

Di India, MG ZS EV hadir dalam 2 varian dan terbilang terjangkau sebagai sebuah mobil listrik. Di tipe terendah, harga MG ZS EV Excite mencapai INR2,088 juta atau Rp450,3 jutaan.

Sedangkan model tertingginya, MG ZS Exclusive dibanderol INR2,358 juta, setara Rp508,5 jutaan (Kurs INR1 = Rp215).

Sekadar informasi, di Indonesia, MG ZS juga tersedia dalam 2 varian. Harga MG ZS Excite di tipe terendah mencapai Rp255,8 juta dan Rp289,8 juta untuk varian tertingginya, MG ZS Ignite (OTR Jakarta).

Sumber: otosia.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar