Semangat Babinsa Kelurahan Teluk Makmur Padamkan Titik Api

Semangat Babinsa Kelurahan Teluk Makmur Padamkan Titik Api

Porospro.com - Pada Hari Rabu 12 April 2023, Babinsa Kelurahan Teluk Makmur Serda Cerzakatno yang juga anggota koramil PWK 04/MK melaksanakan pemadaman dan pendinginan di lokasi kebakaran hutan dan lahan di Jalan M. Yusuf RT.02 Kelurahan Teluk Makmur Kecamatan Medang Kampai.

Serda Cerzakatno menjelaskan, kebakaran terjadi di lahan gambut dengan vegetasi semak belukar dan sawit yang terbakar dengan luas sekitar 5 hektar dan jenis kebakaran atas dan bawah.

Sumber air untuk pemadaman kebakaran terdapat di sekitar lokasi, yaitu di dalam parit, namun jaraknya cukup jauh dari lokasi kebakaran, yakni sekitar 500 meter.

Serda Cerzakatno mengatakan bahwa tim satgas darat melaksanakan pendinginan di area lokasi karhutla dan akses ke lokasi tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda 4.

Personil yang terlibat dalam pemadaman/pendinginan ini meliputi BPBD Kota Dumai, Manggala Agni, MPA, Kecamatan, dan masyarakat.

Sarana prasarana yang digunakan untuk pemadaman/pendinginan meliputi 1 unit mesin ministiker, 1 unit mesin sibahura, dan 1 unit mesin maxtrim. Saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan oleh Polsek Medang Kampai.

Hingga kondisi terakhir, masih terdapat api dan asap tipis di lokasi kebakaran, namun situasi saat ini dinyatakan aman.

Serda Cerzakatno juga menambahkan bahwa pihaknya akan terus memantau lokasi kebakaran dan melakukan pemadaman/pendinginan secara berkala hingga situasi benar-benar aman.

Babinsa menambahkan bahwa upaya pemadaman/pendinginan masih terus dilakukan agar kebakaran tidak meluas dan merusak lebih banyak lagi. Ia juga menghimbau masyarakat agar lebih waspada dan hati-hati dalam melakukan aktivitas di sekitar area rawan kebakaran hutan dan lahan.

"Kami akan terus memantau dan melakukan pemadaman/pendinginan secara rutin agar situasi di lokasi kebakaran bisa dikontrol. Kami juga menghimbau ke masyarakat untuk lebih waspada dan hati-hati dalam melakukan aktivitas di sekitar area rawan kebakaran hutan dan lahan," tutur Serda Cerzakatno.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar