Kadinkes Inhil , ''Cegah Stunting Dengan ABCDE''

Kadinkes Inhil ,  ''Cegah Stunting Dengan ABCDE''

Porospro.com, - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil)  menggelar kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan pelaksanaan gerakan cegah stunting dengan ABCDE di Lapangan Gajah Mada Tembilahan, Selasa (16/05/2023).

Kegiatan ini dilangaungkan sekaligus berpartisipasi untuk memeriahkan Hari Pers Nasional dan turut dihadiri Bupati Inhil, HM. Wardan, Unsur Forkopimda, Kepala Dinkes Inhil, Rahmi Indrasuri dan jajaran Dinkes Inhil, beberapa Puskesmas, Pelajar SMA dan SMP serta tamu lainnya

Kepala Dinas Inhil, Rahmi Indrasuri, menyebutkan dalam pencegahan stunting ada 5 kunci  yang harus dilakukan.

"5 kunci  pencegahan stunting dengan ABCDE ini maksudnya A Aktif mengonsumsi tablet tambah darah, B Bumil (Ibu Hamil) teratur periksa kehamilan minimal 6 kali, C Cukupi Konsumsi protein hewani, D Datang ke Posyandu setiap bulan, dan E Eksklusif ASI selama 6 bulan)," sebut Rahmi.

Rahmi menjelaskan ada berbagai rangka kegiatan yang dilaksanakan pada Germas dalam memeriahkan HPN ini.

"Tadi kegiatan yang dilaksanakan adalah sarapan bersama bagi Remaja Putri SMP dan SMA dan Ibu Hamil, tadi juga kita lakukan pemberian edukasi tentang stunting dengan narasumber dokter Gusfrizer, S.POG dan dokter Rahmat, S.PA, selesai sesi edukasi dilanjutkan dengan minum Tablet Tambah Darah (TTD) serentak bagi Remaja Putri dan Ibu Hamil," ucapnya.

"Kemudian dilanjutkan deklarasi anti pernikahan dini oleh Remaja Putri yang dipandu oleh Duta Stunting Kecamatan Tembilahan dan Tembilahan Hulu,  ada juga demonstrasi pembuatan MPASI (Makanan Pendamping ASI) dari makanan keluarga untuk bayi usia 6-8 bulan, bayi usia 9-11 bulan dan usia 12 tahun keatas dan terakhir pengukuran antropoletri Anak Balita dan Ibu Hamil," pungkas Rahmi.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar