Serda Agustinus Sampaikan Ini ke Masyarakat

Serda Agustinus Sampaikan Ini ke Masyarakat

Porospro.com - Babinsa Kelurahan Pangkalan Sesai - Kecamatan Dumai Barat, Serda Agustinus H dari Koramil-01/Dumai, melaksanakan kegiatan patroli Karhutla di wilayah yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, tepatnya di Jalan Gatot Subroto pada hari Selasa, tanggal 30 Mei 2023.

Kegiatan patroli Karhutla ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan. Serda Agustinus H. dan timnya melakukan penjagaan di wilayah tersebut untuk memastikan tidak ada aktivitas pembakaran lahan yang berpotensi memicu kebakaran.

Selama patroli, Babinsa memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar tentang bahaya dan dampak negatif dari pembakaran lahan. Ia mengingatkan agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena hal tersebut dapat menyebabkan kebakaran yang merugikan banyak pihak, termasuk lingkungan dan kehidupan masyarakat sekitar.

Sosialisasi yang disampaikan oleh Serda Agustinus H. bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Ia juga menjelaskan tentang sanksi hukum yang akan diberikan apabila ada yang terbukti melakukan pembakaran lahan.

Kehadiran Babinsa dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen Koramil-01/Dumai dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan. 

"Melalui patroli dan sosialisasi yang dilakukan, diharapkan masyarakat dapat teredukasi dan aktif berperan serta dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," Ujarnya.

Serda Agustinus H. juga memberikan penekanan kepada masyarakat untuk melaporkan segala indikasi atau kegiatan yang mencurigakan terkait pembakaran lahan kepada pihak berwenang. 

"Dengan adanya laporan dari masyarakat, langkah-langkah penindakan dapat segera dilakukan untuk mengatasi potensi kebakaran," Jelasnya.

Kegiatan patroli Karhutla yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Pangkalan Sesai - Kecamatan Dumai Barat ini merupakan upaya nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan. Diharapkan, melalui kerjasama antara Babinsa, masyarakat, dan instansi terkait, wilayah tersebut dapat terhindar dari ancaman Karhutla serta tercipta lingkungan yang aman, bersih, dan sehat bagi seluruh warga.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar