Polisi Sita 15 Kg Sabu dari Bandar Jaringan Internasional

Polisi Sita 15 Kg Sabu dari Bandar Jaringan Internasional

Porospro.com - Kabupaten Bengkalis dinilai sebagai salah satu pintu masuk narkotika jenis sabu mau pun ekstasi dari Malaysia. Hal itu ditandai dengan banyaknya pengungkapan penyeludupan barang dalam jumlah besar oleh aparat penegak hukum.

Kali ini, penangkapan dilakukan Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Riau, Ahad (5/4/2020) kemarin siang.

Dalam penagkapan itu disita lima belas bungkus yang berisikan masing-masing 1 kilogram (kg) sabu dari seorang tersangka berinisial E.

Tersangka tiba di kantor Ditresnarkoba Polda Riau, Jalan Prambanan, Ahad (5/4) malam sekitar pukul 19.00 WIB.

Pria yang mengenakan baju hitam dan celana pendek itu turun dari mobil dengan kedua tangan terborgol. Bersama E, petugas membawa dua karung berisikan jaring ikan serta belasan bungkus sabu.

Direktur Resnarkoba Polda Riau Kombes Pol Suhirman mengatakan, pengungkapan ini merupakan hasil penyelidikan menindaklanjuti informasi dari masyarakat terkait penyeludupan sabu asal Malaysia di Kabupaten Bengkalis. Bahkan, sebut Suhirman, penyelidikan itu memakan waktu yang cukup panjang.

"Kami sudah melakukan penyelidikan panjang sejak awal Maret 2020 lalu," ungkap Suhirman.

Penyelidikan itu, sambung Suhirman, akhirnya berbuah manis Ahad (5/4) siang.

Pihaknya berhasil meringkus seorang tersangka di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan. Dalam penangkapan itu, tersangka diamankan tanpa perlawanan dengan menyita barang bukti berupa 15 kg sabu.

"E ditangkap di Desa Jangkang dan diamankan sekitar 15 kg sabu. Dia ini berperan sebagai pengendali," imbuh perwira menengah berpangkat tiga melati tersebut.

Atas penangkapan E, lanjut mantan Kapolres Morowali itu, pihaknya masih melakukan pengembangan dengan memburu seorang tersangka yang terlibat dalam penyeludupan barang haram tersebut.

Bahkan disampaikan Suhirman, personel Ditresnarkoba masih di Negeri Sri Junjungan melakukan pendalaman lebih lanjut.

"Masih ada satu orang yang kami cari. Anggota masih di lapangan bekerja," papar Suhirman.

Suhirman menjelaskan, ada pun modus tersangka menyeludupkan sabu asal Malaysia dengan membawa dengan karung berisikan jala ikan.

Ketika disinggung mengenai apakah tersangka satu jaringan dengan kurir sabu 35 kg yang ditangkap beberapa waktu lalu, dia mengaku, belum dapat memastikannya.

"Ini masih kami dalami. Begitu juga, sudah berapa kali menyeludupkan sabu," ungkap mantan Dirresnarkoba Polda Bangka Belitung itu.

Sebelumnya, Ditresnarkoba Polda Riau menggagalkan penyeludupan 35 kg sabu di Pelabuhan Rakyat Nerbit Besar, Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai, Rabu (5/2) lalu.

Dalam penangkapan itu, diamankan dua tersangka berinisial MA (31) dan AB (25) yang berperan sebagai transpoter laut yang membawa sabu. Sabu itu ditemukan di dalam bodi speed boat dengan dua bungkus besar yang masing-masing berisikan 21 kg dan 14 kg.

Selain barang haram itu turut disita 36 botol liquid vape, uang tunai Rp5 juta dan jaring nelayan untuk menangkap ikan.

Sumber: riaupos.co

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar