Serda K Sinaga Melakukan Patroli Cegah Karhutla

Serda K Sinaga Melakukan Patroli Cegah Karhutla

Porospro.com - Serda K. Sinaga, Babinsa dari Koramil 06/Merbau, terus berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi di wilayah binaan Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau.

Kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) rutin dilakukan oleh Babinsa guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis. Serda K. Sinaga berperan aktif dalam menjalankan tugas ini.

Tujuan lain dari kegiatan patroli dan sosialisasi ini adalah memberikan contoh kepada masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan, yang dapat berdampak merugikan semua pihak di kemudian hari.

Serda K. Sinaga menghimbau dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa melakukan pembakaran hutan sangat tidak dianjurkan, terutama membuka lahan dengan cara dibakar. Tindakan tersebut merugikan dan melanggar peraturan perundang-undangan yang dapat berakibat pada sanksi hukum.

"Pelaksanaan patroli dan sosialisasi karhutla di wilayah binaan Babinsa merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla yang dapat merugikan dari segi kesehatan, ekonomi, dan lingkungan," Katanya.

Serda K. Sinaga juga mengajak masyarakat agar lebih peduli dan aktif dalam melakukan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Ia menekankan bahwa membuka lahan dengan cara dibakar akan menghasilkan kabut asap yang dapat membahayakan kesehatan pernapasan.

Serda K. Sinaga mengingatkan masyarakat bahwa sanksi atas tindakan pembakaran hutan dan lahan adalah denda miliaran rupiah dan ancaman pidana penjara. Oleh karena itu, masyarakat harus memahami dan mematuhi aturan yang berlaku demi keberlangsungan lingkungan yang sehat dan aman.

"Melalui kegiatan patroli dan sosialisasi ini, diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kebakaran hutan dan lahan semakin meningkat. Dengan kolaborasi antara Babinsa dan masyarakat, kerja sama dalam menjaga lingkungan dapat terwujud demi kesejahteraan bersama," Jelasnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar