Pelaksanaan Giat Cegah PMK Oleh Serka Eri Efrianto

Pelaksanaan Giat Cegah PMK Oleh Serka Eri Efrianto

Porospro.com - Dalam upaya pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Serka Eri Efrianto, Babinsa dari Koramil 06/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis, melakukan pengecekan PMK pada hewan di wilayah binaan.

Pemantauan dan pengecekan PMK pada hewan menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 06/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis, sebagai langkah antisipasi terhadap penyakit tersebut. Kali ini, Serka Eri Efrianto melaksanakan kegiatan tersebut di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Serka Eri Efrianto menjelaskan bahwa virus penyebab PMK dapat bertahan di luar tubuh hewan penderita selama dua minggu. Oleh karena itu, pengecekan PMK secara rutin pada hewan ternak menjadi penting guna mencegah penyebaran penyakit tersebut.

"Penyakit Mulut dan Kuku dapat menyebar dari hewan ke hewan melalui berbagai cara, namun penularan paling sering terjadi melalui perkawinan alami. Penularan juga dapat terjadi melalui menghirup dan menyentuh langsung hewan yang terinfeksi," Kata Babinsa.

Dengan kegiatan pengecekan ini, diharapkan dapat memastikan bahwa hewan ternak yang dipelihara oleh masyarakat di wilayah binaan Koramil 06/Merbau, terutama di Kelurahan Teluk Belitung, bebas dari PMK. Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak dapat berdampak serius pada ekonomi peternakan, sehingga pencegahan menjadi hal yang sangat penting.

Pelaksanaan kegiatan pengecekan PMK berlangsung dengan tertib dan lancar. Masyarakat yang memelihara hewan ternak di wilayah tersebut menyambut baik kedatangan Babinsa Serka Eri Efrianto. Hal ini menunjukkan kesadaran dan kerjasama yang tinggi antara Babinsa dan masyarakat dalam menjaga kesehatan hewan ternak serta mencegah penyebaran PMK.

Koramil 06/Merbau, Kodim 0303/Bengkalis terus berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan pencegahan PMK guna menjaga kesehatan hewan ternak di wilayah binaannya. 

"Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat peternak di Kelurahan Teluk Belitung, serta mencegah penyebaran penyakit yang dapat merugikan industri peternakan secara keseluruhan," Harap Babinsa.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar